Wednesday, 14 November 2018

Incar Toko dan Rumah Kosong

7 Maling Dibekuk di Kelapa Gading

Senin, 3 Desember 2012 — 17:54 WIB
tujuh

KELAPA GADING (Pos Kota) – Sindikat pencuri di rumah kosong (rumsong) dan kendaraan bermotor (ranmor) diringkus anggota Polsek Kelapa Gading saat beraksi di toko elektronik Jalan Boulevard Timur, RT01/12, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (2/12) dinihari. Dari tangan tujuh tersangka petugas menyita, 6 sepeda motor, gunting besar pemotong besi, kunci leter T, linggis, tang dan gergaji besi.

“Mereka sindikat rumsong yang sering beraksi di wilayah Jakarta Utara. Mereka beraksi terlebih dahulu mengamati rumah calon korbannya sebelum beraksi,” kata Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Ardiyanto Tedjo.

Aksi tujuh tersangka, Tiyas, Junaidi, Fausi, Dedik Surachman, Achmad Riadi, Taufik Rudi Hartanto, Abdul Aziz, dan Udin (buron), terbongkar ketika petugas Polsek Kelapa Gading sedang patroli di lokasi. Tidak sengaja, sekitar pukul 03.00 dinihari, petugas melihat tersangka sedang nongkrong di depan toko elektronik ‘Aneka Jaya’ di Jalan Boulevard Timur, Kelapa Gading.

Saat anggota mendekat, mereka pura-pura sedang beristirahat habis melakukan perjalanan jauh. “Tapi petugas sudah curiga dan melihat gunting besar di letakkan di atas motor,” kata Kapolsek.

Begitu dilihat ke dalam pagar toko, tersangka sedang asik memotong gembok pagar. Seketika membuat para pelaku panik. Mereka berusaha kabur namun berhasil diringkus. Seorang rekan mereka, Udin berhasil lolos dan kini dalam pengejaran.

Kepada petugas mereka mengaku beraksi di sejumlah tempat di kawasan Jakarta Utara. Sebelum beraksi mereka terlebih dahulu menyusun siasat di warteg di kawasan Cakung, Jaktim. Selain mencuri di rumsong, mereka juga merampas sepeda motor.

“Hasilnya kita bagi rata. Kita patungan terlebih dahulu membeli linggis, gunting besi, dan gergaji,” kata Tiyas.

Atas perbuatannya a tersangka diganjar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Ilham)

Teks : Tujuh tersangka rumsong diamankan di Polsek Kelapa Gading. (Ilham)