Thursday, 20 September 2018

Agar Aki Awet

Selasa, 4 Desember 2012 — 9:42 WIB
aki

AKI merupakan salah satu bagian penting pada motor dan menjadi sumber kelistrikan pada motor, baik jenis bebek atau pun matik. Jika tidak cermat dalam perawatannya nasib sial pasti tak segan menghampiri..

Aki ada yang berjenis kering dan basah. Biasanya yang disebut aki kering itu bebas dari perawatan meski dalam pemakaian bertahun-tahun asal tidak bocor. Berbeda dengan aki basah yang perlu dikontrol kondisi air akinya.

Agar aki awet, usahakan juga memanfaatkan sumber kelistrikan itu dengan baik. Misalnya saja jangan terlalu lama menekan elektrik stater dalam waktu terlalu lama, terutama saat motor tidak segera hidup. Kalau mesin sulit hidup mestinya dibantu dengan cara mengenkol (kick stater) untuk menghemat aki. Atau kalau tetap mau menggunakan elektrik stater, beri jeda 5-10 detik.

Menghidupkan motor dengan elektrik stater dengan cara dipanjer (dipencet terus) memakan aliran listrik yang besar sehingga membuat aki harus bekerja keras. Karena itu kalau diperlakukan secara berlebihan justru merusak perangkat tersebut

Tapi kalau motor sudah hidup, jangan juga coba-coba menekan tombol elektrik stater karena selain bisa merusak aki juga merusak perangkat stater itu.(m15/us)