Tuesday, 20 November 2018

Berharap Rp 97 Trliun Dari Wisatawan

Kamis, 6 Desember 2012 — 23:19 WIB
wismancaneg612

PARIWISATA tergolong sektor terbesar penyumbang devisa negara. Pada 2013 mendatang, pemerintah menargetkan sembilan juta turis asing datang ke Indonesia, dengan pemasukan 10 miliar dolar AS atau setara Rp97 triliun.

“Saat ini wisatawan asing yang banyak mengunjungi Indonesia masih didominasi oleh wisatawan ASEAN dan Australia. Pada 2013 kita optimis akan mencapai angka 9 juta. Dan yang paling besar dikunjungi adalah Bali, Jakarta, Riau, Batam, Lombok, Raja Ampat, dll,” ungkap Wamenparekraf Sapta Nirwandar usai memberikan penghargaan kepada pewarta nasional di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dalam mencapai angka devisa 10 miliar dolar AS tersebut semua pihak harus bekerja keras untuk promosi dan meningkatkan potensi alam di Indonesia. Bukan itu saja, adanya penerbangan langsung dari luar negeri menuju tempat wisata juga menambah angka kunjungan wisatawan.

“Rata-rata pengeluaran wisman (wisatawan mancanegara) 1.115 dolar AS per orang,” tutur Sapta.

Untuk mengejar target wisatawan asing sebesar 9 juta orang di 2013 dan 10 juta orang di 2014, tambah Sapta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan merevitalisasi lokasi tujuan wisata favorit di Indonesia.

“Ada 16 destinasi unggulan yang akan kita perbaiki untuk tingkatkan penerimaan pariwisata. Di 2014 kita perkirakan akan ada 10 juta wisman datang ke Indonesia,” tambahnya. (aby)

Teks :Wamenparekraf Sapta Nirwandar (kanan) memberikan keterangan pers soal potensi wisata Indonesia pada 2013, didampingi Sekjen Kemenparekraf Ukus Kuswara di Jakarta, Kamis