Tuesday, 13 November 2018

RON Awal Kebangkitan Olahraga Indonesia

Sabtu, 8 Desember 2012 — 21:19 WIB
ronpapan812

BALIKPAPAN(Pos Kota)-Penyelenggaraan Rembuk Olahraga Nasional (RON) KONI dapat menjadi forum dan strategi kebangkitan olahraga Indonesia kedepan.

“Pertemuan ini tentunya akan menjadi hal positif dalam mencari program perencanaan kerja KONI hingga 10 tahun, sehingga bisa melahirkan atlet-atlet baru, termasuk merencanakan kesejahteraan atletnya,” ucap Menkokesra, Agung Laksono usai membuka RON di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (8/9).

Menurut Agung yang kini juga menjadi pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga itu, KONI nantinya bisa semakin terus memperjuangkan proses perkembangan olahraga agar jadi wadah penghimpun induk-induk olahraga.

Dia menambahkan, untuk membantu semua program KONI, dirinya akan meningkatkan anggaran pemerintah untuk KONI, termasuk dalam mensinergikan pelaksanaan KONI dan KOI secara bersama.
“Untuk anggaran, pemerintah akan membantu meningkatkan kebutuhan KONI dalam rangka pembinaan KONI kedepan namun secara bertahap,” katanya.

DISINERGIKAN

Sedangkan untuk kewenangan KONI akan disinergikan secara bersama dengan KOI, tidak harus dilebur, tapi bersatu dalam programnya, walau untuk kepentingan nasional itu ada di KONI, tapi kita juga hargai peran KOI.

Sementara itu pada sesi pertama RON menguat rancangan strategi pembinaan olahraga untuk olimpiade. Termasuk persiapan SEA Games serta Asian Games. Ada cabang-cabang olahraga prioritas, lima untuk olimpade, 10 Asian Games dan lebih banyak lagi untuk SEA Games.

“Pemerintah sebenarnya jangan hanya bicara peningkatan prestasi, tapi dalam hal ini Kemenpora mestinya menyiapkan sarana dan prasarana olahraga di berbagai daerah,”ucap salah satu pembicara. Sebelumnya, berbicara Joko Pekik mewakili Kemenpora.

Selain itu mencuat pula keinginan adanya Menpora dari kalangan olahraga.”Kalau pemerintah ingin prestasi olahraga maju, kita minta menteri dari insan olahraga,” lontar peserta dari Bandung yang didukung KONI Jakarta dan mendapat aplaus dari banyak peserta.(awang)

Teks : Suasana pembukaan Rembuk Olahraga Nasional di Balikpapan