Tuesday, 13 November 2018

Indonesia Dominasi Kejuaraan Ju-Jitsu

Senin, 10 Desember 2012 — 13:14 WIB
tiyo-sub

JAKARTA (Pos Kota) –  Indonesia mendominasi perolehan medali emas kejuaraan bela diri Jujitsu se-Asia atau Asian Jujitsu Championship 2012. Kejuaraan yang mempertemukan atlet-atlet tangguh di Benua Asia itu berlangsung mulai 8 hingga 9 Desember 2012 di Jakarta.

Sedikitnya 30 Jujitsan, sebutan para atlet bela diri itu, berdatangan dari sejumlah negara. Mereka unjuk kebolehan dalam 10 kelas berbeda.

Indonesia menjadi juara umum. Indonesia memperoleh emas untuk kelas putra 40 Kg, putra 60 Kg, putra antarmaster 70 Kg, dan putri 40 Kg.

Presiden Jujitsu Internasional, Alexey Kunin, membuka langsung turnamen tersebut. Presiden Federasi Jujitsu Indonesia Made Dana S Tangkas pun menghadiri acara itu.

Kunin berharap Indonesia dapat menerima olahraga bela diri asal Jepang itu. Ia pun berharap ajang tersebut berlangsung setiap tahun dengan mengikutsertakan banyak peserta dari berbagai penjuru dunia.
Jujitsi diperkenalkan ke Indonesia di era Perang Dunia II, saat tentara Jepang menduduki Nusantara. Belakangan, beladiri itu berkembang pesat.

Pada dasarnya, jurus-jurus beladiri itu bersifat difensif atau pertahanan. Namun, Jujitsu memanfaatkan ‘yawaragi’ atau teknik fleksibel untuk menyerang lawan.

PUNYA ARTI

“Asian ju-jitsu championship 2012 di jakarta ini mempunyai arti dan pengalaman yang sangat besar bagi pengembangan Institut Ju-jitsu Indonesia, mengingat ini yang pertama kali diadakan di Indonesia. Walaupun ini yang pertama kali diadakan namun event kejuaraan ini banyak dirasakan oleh semua pihak dapat berjalan dengan sukses,” kata Sekjen Institut Ju-Jitsu Indonesia Pusat Dedy Triharjanto dalam pesan elektroniknya, Minggu (9/12/2012).

Dedy menambahkan setidaknya Institut Ju-jitsu Indonesia telah mengantongi para atlit untuk dilakukan pembinaan, khususnya dipersiapkan dalam rangka menghadapi kejuaraan internasional lainnya.

“Direncanakan Indonesia akan menjadi tuan rumah pada kejuaraan tingkat ASEAN yang akan diselenggarakan di Bali pada tahun 2014 yang akan datang,” terangnya.

(tiyo/sir)

Teks Gbr- Kejuaraan Ju-jitsu di Jakarta. (tiyo)