Rabu, 12 Desember 2012 22:01:47 WIB

Ada 20 Persalinan di Jakarta Timur Hari ini

ruang operasi-3

KRAMATJATI (Pos Kota) – Di hari spesial ini, Rabu tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 (12/12/12), ternyata banyak warga yang sengaja melakukan persalinan, baik secara operasi caesar maupun normal.

Tercatat, sedikitnya 20 ibu melakukan persalinan di empat rumah sakit dan satu puskesmas terkemuka di Jakarta Timur.

Seperti yang terjadi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Budhi Asih. Dr. Viki Adrian, salah seorang dokter kebidanan di rs tersebut mengaku mendapat banyak permintaan persalinan cesar untuk hari ini. Sedianya, kata dia, ada lebih dari 20 pasien yang meminta agar melahirkan hari ini. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan medis dan kondisi tubuh, hanya sepuluh pasien yang memungkinkan secara medis.

“Ya permintaan sangat banyak dari jauh-jauh hari. Tetapi hanya sepuluh pasien yang memungkinkan untuk melakukan persalinan hari ini,” terang Viki.

Di lokasi terpisah, Kepala Humas RSUD Pasar Rebo, Dedy Suryadi, menguraikan ada empat pasien yang melahirkan. Bedanya, di rs itu semua bayi dilahirkan secara normal tanpa operasi cesar. Keempat bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki sebanyak tiga orang, dan sisanya perempuan.

“Namun, dari keempat bayi yang lahir di hari ini, ada satu bayi yang akhirnya meninggal setelah beberapa menit dilahirkan,” kata Dedy. Sayang dia tidak bisa menjelaskan penyebab kematian bayi yang lahir dari rahim Ny. Nita, 21, pada pukul 15:25 tersebut.

Di tempat berbeda, Kepala Ruangan Kebidanan RS UKI, Lasmaria, menuturkan, ada dua pasien yang melahirkan di rs tempat ia bekerja. Kedua pasien tersebut melahirkan tadi malam sekitar pukul 00.30 dan pukul 08.00. “Keduanya melahirkan melalui proses operasi, dan sekarang sedang dalam proses pemulihan,” ucapnya.

Di RSUP Persahabatan juga tercatat, ada dua bayi yang dilahirkan secara normal. Bayi pertama lahir pukul 04:25, dan  bayi kedua lahir pukul 05:05. Keduanya berjenis kelamin perempuan masing-masing dari rahim Ny. Nina Gustianti, dan Ny. Dewi Puspita.

Demikian pula di Puskesmas Kecamatan Kramatjati. Koordinator Ruang Persalinan Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Maria Pudjiati, menuturkan, ada dua bayi yang dilahirkan dengan selamat. Keduanya  masing-masing anak dari Ny. Ida Amelia, 26, dan Ny. Tarnia, 21.

Imron, 27, suami Tarnia, mengaku sangat senang dengan kelahiran anak pertamanya itu. Terlebih kelahirannya pada tanggal spesial yakni 12/12/12. Warga RT 001/02 Kelurahan Balekambang, Kramatjati, ini melahirkan bayi perempuan dengan berat badan bayi 3 kilogram dan panjang 48 cm pada pukul 02:15.

“Alhamdulillah bayinya lahir secara normal dan kondisinya sehat. Istri saya juga sehat, berharap kelak jadi anak yang soleha, berbakti pada orangtua dan berguna bagi bangsa,” katanya. (yulian)

TEKS FOTO: Ny. Tarnia menggendong Keyza Veezarra, puteri pertamanya, yang lahir di Puskesmas Kecamatan Kramatjati, Rabu tanggal 11 bulan 11 tahun 2011, pukul 02:15. (yulian/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.