Wednesday, 21 November 2018

Target Rp 21,5 Triliun

10 Jenis Pajak Unggulan Pemprov DKI

Kamis, 13 Desember 2012 — 23:25 WIB
pajaklame1312

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta mengandalkan 10 jenis pajak unggulan yang ditargetkan menyumbang ke kas daerah sebesar Rp21,5 triliun. Pendapatan tersebut lebih besar Rp5 triliun dari target tahun 2012 yaitu Rp16,5 triliun.

Ke-10 jenis pajak daerah andalan tersebut yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bea Balik Nama Kendaraaan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Pemanfataan Air Bawah Tanah (PABT), pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir, dan pajak penerangan jalan (PPJ).

Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, H.Iwan Setiawandi, Kamis (13/12) mengatakan pihaknya akan bekerja keras untuk mencapai target. “Tapi saya optimis tercapai. Apalagi tahun depan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sudah kita pungut sendiri. Dari PBB pemprov akan memperoleh pendapatan sekitar Rp3,6 triliun dari 1,8 wajib pajak.”

PAJAK REKLAME

Khusus untuk pajak reklame, tahun ini terjadi peningkatan, melebihi target. Padahal, beberapa tahun sebelumnya tidak mencapai target. “Tahun tahun ini menargetkan Rp410 miliar, sudah dapat 105 persen dari target.”

Iwan mengaku sudah memerintahkan seluruh suku dinas pelayanan pajak di lima wilayah menagih utang pajak reklame yang saat ini masih tayang. “Saya sudah melayangkan surat edaran menyangkut masalah ini.” (john)

Teks : Papan reklame salah satu yang banyak menyumbangkan pajak