Sabtu, 15 Desember 2012 11:09:30 WIB

Kenalkan Aturan Berlalu-lintas Melalui Polsanak

lantas3

BERBAGAI cara terus ditempuh Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mewujudkan lalu lintas yang baik dan benar. Salah satunya adalah memperkenalkan disiplin lalu lintas kepada kalangan anak-anak melalui kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak).

Satu program Polsanak yang rutin digelar adalah saat car free day di sepanjang jalan Jenderal Sudirman. Ya, Minggu (09/12/2012) WIB, jajaran Dikyasa mengajak anak-anak yang tengah bermain di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia untuk mengenal aturan-aturan dalam berlalu lintas.

”Melalui kegiatan polsanak ini diharapkan mampu untuk mendidik anak-anak minimal mengetahui tentang lalu lintas,” ujar Kasubdit Dikyasa PMJ AKBP Nurul Megawati.

Lantaran dinilai efektif, sosialisasi semacam ini pun digelar secara rutin. Lokasinya saja yang berbeda-beda tiap bulannya.”Kegiatan ini akan dilakukan setiap bulan, yaitu minggu ke-2 dan ke-4 dan lokasi secara bergantian di tempat-tempat keramaian,” sambung AKBP Nurul.

Sementara itu, metode penyampainnya pun beragam. Cara-cara pembelajaran yang bersahabat digunakan seperti mendongeng, menyanyi, bermain, dan bercerita dengan menggunakan alat peraga. Dengan demikian, materi akan lebih mudah diserap oleh kalangan anak-anak.

”Sejak dini, kita kenalkan aturan lalu lintas kepada mereka. Materi disampaikan dengan cara bermain dan juga bernyanyi sesuai dengan usia mereka,” terangnya.

Dan Bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari petugas, anak-anak tersebut diberikan souvenir sekaligus PIN Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas serta Leaflet Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Selain memperkenalkan aturan lalu lintas, para Polantas tersebut juga menjalin kedekatan personal kepada anak-anak. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kesan dimata anak-anak kalau polisi itu bukan sosok yang menakutkan. Akan tetapi polisi itu tak lain sahabat mereka sendiri.

”Kita menjalin kedekatan antara polisi dan anak, yang selama ini banyak anak-anak takut kepada polisi. Untuk itu dengan kegiatan ini anak anak tidak takut lagi dengan polisi,” tutup AKBP Megawati.

Dalam giat tersebut para orang tua sangat senang dengan diadakannya Polisi Sahabat Anak di Bunderan HI. Hal ini dapat dilihat dari para orang tua yang secara antusias dan spontan dapat bergabung dengan petugas. Dan Anak-anak pun merasa senang dapat berteman dengan polisi. (Sony/Danar/TMC)
Teks foto:Kasi Dikmas Dikyasa Dit Lantas PMJ Kompol Susana Benyamin,SH, MH dan AKP Endah Susilowati beserta jajaran saat melakukan kegiatan Polsanak dalam acara car free day di Bundaran HI, Minggu (09/12/2012).

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.