Sunday, 23 September 2018

Pemerintah Optimis Kunjungan Wisata 8 Juta Orang

Kamis, 20 Desember 2012 — 1:34 WIB
mariwisata1912

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah optimis target kunjungan delapan juta wisatawan mencanegara (wisman) pada 2012 tercapai karena perekonomian Indonesia terus mengalami perbaikan.

“Per Oktober 2012, jumlah kedatangan wisman sudah 6.583.629. Saya yakin, bulan November dan Desember cukup untuk mencapai target bahkan melebihi itu,” kata Menparekraf Mari Elka Pengestu dalam acara jumpa pers akhir tahun 2012 di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, minimal Indonesia bisa menggaet 8,3 juta wisman dan maksimal 9 juta turis asing. Ia mengatakan, jumlah kunjungan November dan Desember belum bisa dihitung. “Tapi, jika kedatangan wisatawan statis seperti tahun lalu, target 8 juta bisa tercapai,” ujar Mari.

Angka 6,5 juta wisman hingga Oktober ini menandakan, pertumbuhan ekonomi pariwisata naik sebanyak 5 persen dibanding tahun lalu. “Pertumbuhan pariwisata global tahun ini adalah sekitar 3 sampai 4 persen, sedangkan Indonesia mencapai 5 persen,” lanjut Mari.

Sedangkan untuk lama tinggal wisatawan di Indonesia sedikit menurun dari tahun lalu. Tahun ini, jangka waktu liburan wisatawan selama rata-rata 7,7 hari. Angka tersebut lebih kecil 1,79 persen dibanding tahun lalu yang sebesar 7,84 hari. Menurut Mari, hal ini dikarenakan adanya krisis ekonomi di Eropa.

Untuk wisatawan dalam negeri atau wisatawan nusantara (wisnus), estimasi angkanya adalah 245 juta. Ini berarti naik sebesar 3,81 persen dibanding tahun lalu yang sebesar 236 juta perjalanan wisnus. Rencananya, jika target 8 juta tercapai, akan ada target baru untuk tahun mendatang. (aby)

Teks:Menparekraf Mari Elka Pangestu didampingi Wamenparekraf Sapta Nirwandar gelar jumpa pers akhir tahun di Jakarta, Rabu