Sunday, 23 September 2018

Liburan Natal, Jalur Pantura Padat

Minggu, 23 Desember 2012 — 7:26 WIB

KARAWANG (Pos Kota) – Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah, arus lalu lintas dari mulai gerbang Tol Kopo sampai Simpang Tiga Jomin dan Jalan Juanda, Jalan A. Sudirman dan Jalan A. Yani Kota Cikampek sejak Sabtu pagi ampai Minggu pagi mengalami peningkatan volume kendaraan sehingga menimbulkan kepadatan arus di jalur tersebut.

Jalur tersebut banyak dipadati kendaraan pribadi menuju Jalur Pantura, begitu bus antar kota antara provinsi memadati jalur ini.

Komandan regu (Danru) Komandan Pos (Danpos) Simpang Jomin, Bripka Pol. Didi Kusmiadi menyatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru, sejak Jumat dini hari sudah mulai terlihat intensitas peningkatakan volume kendaraan, terbukti dengan arus dari arah Jakarta menuju Cirebon mengalami peningkatan 30 persen dibanding hari-hari biasa yang didominasi kendaraan pribadi.

“Volume untuk kendaraan pribadi meningkat 30 persen dari arah Jakarta menuju Cirebon, dan kendaraan truk barang diprediksi akan meningkat menjelang libur. Dari kemarin dari jam dua malam sudah terlihat (kepadatan).

Meski mengalami peningkatan volume kendaraan, namun tidak menimbulkan kemacetan, kendaraan masih dapat berjalan. Meski kendaraan roda empat sudah terlihat mengalami peningkatan, untuk kendaraan roda dua hingga kini belum terlihat. “Dan memang padat lancar, masih bisa berjalan (kendaraan), karena adanya penyempitan jalan dan volume kendaraan yang terus meningkat,” ulasnya.

Selain itu, ada titik yang menjadi perhatian khusus yaitu di Pangulah, karena menurutnya titik tersebut tidak memiliki median jalan sehingga rentan menimbulkan kemacetan.

Jika terjadi kemacetan, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup di Pertigaan Mutiara. “Personil diperkuat di Pangulah Sasak Gambreng, karena disana tidak ada median. Oleh karena itu, banyak mobil yang ambil kiri sehingga memicu kemacetan. Untuk sepeda motor saat ini masih belum terlihat, dan memang belum ada,” imbuhnya.

Dalam meminimalisir kepadatan arus selama perayaan Natal dan Tahun Baru, Didi menghimbau kepada pengendara mobil pribadi lebih baik melitasi jalur tengah via Sadang, bisa menjadi alternatif jika jalur pantura padat. (nourkinan)

Teks : Jalan Simpang Tiga Jomin Kota Baru – Cikampek, dipadari arus dari Jakarta menjelang liburan Natal dan Tahun Baru