Senin, 24 Desember 2012 06:19:12 WIB

Bus Super Mewah Siap Melayani Lampung-Jakarta

ilusbus

LAMPUNG (Pos Kota) -Masyarakat Lampung yang hendak berpergian ke Jakarta, khususnya yang menginginkan suasana perjalanan yang nyaman dan mewah seperti naik pesawat terbang, kini tak perlu risau.

Perum Damri memberikan alternatif transportasi mewah melalui bus megaeksekutif yang melayani beberapa rute Pulau Jawa seperti Jakarta, Bogor dan Bandung. Bus dengan chasis air suspension yang telah resmi diluncurkan di Jakarta, Jumat, kini hadir di Bandar Lampung.

Pada tahap ini, ada 11 unit yang diluncurkan, tahun 2013 nanti tambah enam unit. Kehadiran 11 unit bus berwarna merah ini melengkapi keberadaan 55 unit bus milik Damri yang sudah lebih dulu beroperasi di Lampung dan melayani sejumlah rute.

Menurut bos Perum Damri Suparyan bus supermewah yang perunitnya bernilai Rp 1,6 miliar dilengkapi berbagai fasilitas, mulai kursi hingga bagasi yang mirip pesawat. Jumlah kursi 21 dengan susunan dua-satu, ditambah dua kursi yang berada di belakang yang diperuntukan bagi penumpang yang akan merokok.

Selain itu penumpang juga bisa berinternet ria secara gratis, karena Damri Royal Class ini dilengkapi fasilitas wifi, bahkan selain dilengkapi televisi 21 inc yang terpasang di depan, bus ini juga memiliki kulkas yang terpasang di belakang.

Untuk tarif jurusan Lampung-Jakarta dibanderol Rp 165.000. Tarif ini lebih mahal Rp 15.000 dari tarif Bus Damri tipe biasa untuk rute yang sama.

Selain Lampung-Jakarta, bus dengan toilet mewah ini nantinya juga melayani rute Lampung-Bogor dan Bandung. Kehadiran bus dengan karoseri Adioputro, Malang, Jawa Timur ini cukup istimewa karena merupakan yang pertama diluncurkan Perum Damri di Indonesia.

Bukan hanya fasilitas yang membuat Damri Royal Class ini istimewa. Sopir direkrut lewat seleksi yang ketat.

Bus yang serupa dengan bus pengangkut tim sepakbola di Eropa ini sudah bisa melayani penumpang pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2013.
Perum Damri lanjut Suparyan akan memaksimalkan 65 unit bus yang ada untuk melayani penumpang. Kalau masuk liburan atau hari hari besar, jumlah ini memang ini tidak cukup. Tapi tetap dimaksimalkan
(Koesma)

Teks : Bus mewah melayani trayek Lampung-Jakarta

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.