Sunday, 18 November 2018

Liburan, Monas Diserbu Warga

Selasa, 25 Desember 2012 — 9:56 WIB
monas-sub

JAKARTA (Pos Kota)- Libur cuti bersama dan libur Natal banyak dimanfaatkan oleh warga untuk bepergian ke lokasi-lokasi wisata. Sepanjang akhir pekan hingga Natal, kawasan Monas dan sejumlah lokasi wisata pun diserbu warga.
“Mumpung liburan, anak-anak juga pas libur sekolah,” ujar Wayan, pria asal Bali yang tinggal di Kuningan, Jaksel, Selasa (25/12).

Ia mengaku mengajak anak dan istrinya berwisata ke Monas. Selain murah meriah, wisata Monas juga memiliki sejarah yang perlu untuk anak-anaknya. “Buat anak-anak sekalian belajar,” tambahnya.

Senada juga diakui Ny Rofingatun. Ia sengaja memilih libur Natal untuk pergi ke lokasi wisata, dengan harapan tidak terlalu padat. “kalau milih hari lain, antreannya panjang banget,” katanya.

Beruntung pada hari Natal, cuaca Jakarta cukup cerah, sehingga warga bisa leluasa berwisata di alam terbuka Taman Monas.
Suasana serupa juga terpantau di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Sepanjang tiga hari, lokasi wisata tersebut banjir pengunjung. Mereka umumnya datang bersama keluarga, memanfaatkan liburan panjang.

“Akses transportasi ke Ragunan kan gampang, cukup pakai bus TransJakarta,” ujar Niken, warga Senen yang datang ke Ragunan bersama dua anak balitanya.

Selain akses transportasi yang mudah, lokasi wisata Kebun Binatang Ragunan juga tidak terlalu mahal. Lokasinya cukup sejuk dan luas sehingga anak-anak bisa bebas bermain.

Berbeda dengan lokasi-lokasi wisata, sepanjang libur cuti bersama dan Natal, Jakarta tergolong agak sepi. Sejumlah ruas jalan utama seperti Gatot Subroto, Sudirman, Thamrin, dan Medan Merdeka Barat yang biasanya padat merayap, dua hari kemarin lengang. Kendaraan melaju lancar nyaris tanpa kemacetan.

Pun demikian bus TransJakarta yang biasanya dipenuhi penumpang, kemarin terlihat kosong. Halte-halte busway terlihat kosong. Hanya beberapa calon penumpang yang mengantre itu pun tidak terlalu lama.

(inung/sir)