Rabu, 26 Desember 2012 11:43:11 WIB

2013 Tahun Mobil Murah

tata

2013 bisa disebut tahun mobil murah.  Pabrikan mobil di Indonesia ramai-ramai berikrar siap membuat mobil murah. Tercatat setidaknya ada Toyota, Daihatsu, Nissan, Suzuki, Mitshubishi, Tata Nano dan entah merek apalagi yang sudah siap membuat mobil murah. Itu belum termasuk pabrikan lokal yang punya semangat nasioalis ingin membuat mobil untuk bangsanya sendiri.

Pemerintah bahkan menjanjikan insentif untuk produksi mobil ini dengan bungkus mobil murah ramah lingkungan  melalui program low cost green car (LCGC). Bisa jadi kalau semua itu mulus terealisasi di 2013, bukan tidak mungkin terjadi ‘banjir bandang’ produk otomotif yang luar biasa. Jalanan pusat kota akan menjadi kali besar yang dipenuhi aliran produk otomotif sepanjang hari.

Apalagi ketika semua memiliki target sukses. Pemerintah ingin sukses pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif. Pabrikan ingin sukses penjualan produk LCGC-nya dengan pencanagan penjualan  2013 diatas sejuta unit dan rakyat merasa sukses ketika bisa membeli mobil baru.

Tapi tak sedikit yang makin pusing karena laju mobilnya di jalan melamban. Sopir angkot kian sulit mencapai target setoran, sopir mobil barang stress  saat mengantar pesanan dan konsumsi BBM bersubsidi kian tinggi karena kemacetan. “Setoran makin turun karena macet sepanjang jalan. Kalau nggak macet bisa empat rit, kalau macet tiga rit juga susah,” kata Pendy, sopir angkot Tanah Abag-Kota.

Yuliardi, sopir mobil box pegantar logistik senada. Meski tidak dikejar setoran, tapi kelamaan macet di jalan lelahnya terasa dua kali lipat. “Dari Mangga Dua ke Senayan bisa sampai dua jam,” keluhnya. Jadi, mau pilih yang mana, ekonomi tumbuh rakyat mengeluh atau yang ekonomi tetap jalan rakyat merasa nyaman. (*)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.