Friday, 23 August 2019

Empat Pegawai Kejati Jatim Dipecat

Jumat, 28 Desember 2012 — 20:43 WIB
Kejangpecat2812

SURABAYA(Pos Kota)-Sepanjang tahun 2012, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur mencatat ada 138 laporan pengaduan (lapdu) terkait tingkah polah karyawan kejaksaan.

Dari jumlah itu, jaksa ini umumnya melakukan pelanggaran tingkat sedang yakni 19 orang dan tujuh orang soal tata usaha (TU).

“Ada banyak laporan, dan kasusnya bervariasi. Cuma tidak bisa ungkap satu-satu” kata Kepala Kejati Jatim Arminsyah, Jumat (28/12).

Data Kejati Jatim mencatat pelanggaran tersebut terbagi atas tindakan indisipliner ringan tiga kasus, pelanggaran sedang 19 kasus (Jaksa) dan tujuh pelanggaran tata usaha, dan tindakan berat empat kasus dengan sanksi pemecatan empat orang. Yang dipecat karena sering bolos dan tiga karena narkoba.

Dikatakan Arminsyah, sanksi yang diberikan pada jaksa yang dinyatakan bersalah selain pemecatan juga sanksi lainnya untuk memberikan efek jera, mulai dari penundaan kenaikan jabatan sampai dicopot secara tidak terhormat jika terbukti melakukan pelanggaran berat.

“Itu guna memberi daya tangkal bagi lembaga kejaksaan untuk tidak melakukan aksi kejahatan atau melanggar disiplin,” tegasnya.(nurqomar)