Wednesday, 26 September 2018

Libur Akhir Tahun

Candi Cangkuang Diserbu Wisatawan

Sabtu, 29 Desember 2012 — 21:41 WIB
iluscandi

BANDUNG (Pos Kota) – Memasuki Tahun Baru, ratusan wisatawan asal Jakarta dan Bekasi mengunjungi Candi Cangkuang, di Garut, Jawa Barat, Sabtu (29/12).

Ratusan kendaraan mamadati kantung-kantung parkir di areal wisata hingga meluber ke jalan utama Cangkuang, Garut. “Kami sengaja datang ke Cangkuang karena belum pernah,“ kata Johan,30, warga Bekasi, Sabtu sambil naik rakit menuju Candi.

Dia menjelaskan, Candi Cangkuang yang ada di Garut sudah lama diketahui melalui media massa. Hanya, setiap ingin mengunjungi tempat wisata selalu ada tugas luar kota. “ Menjelang pergantian tahun 2012 ini keluarga kami tergolong nyantai dan ada waktu luang. Kami pun berangkat ke Garut,“jelasnya.

Objek wisata Candi Cangkuang, merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan menakjubkan. Wisatawan selain bisa menikmati tarikan rakit di situ Cangkuang saat menuju Candi, juga bisa melihat enam rumah adat Pulo yang lokasinya berdekatam dengan Candi.

“Kami sangat puas berwisata di Cangkuang, Tempatnya adem, bersih, dan penuh pesona. Paling berkesan naik rakitnya,“ kata dia lagi.

Didin, petugas loket wisata Cangkuang, menjelaskan, jumlah pengunjung menjelang pergantian tahun terus meningkat. Perhari rata-rata di atas seribu orang. “ Hari biasanya jumlah pengunjung kisaran 200 orang. Peningkatannya luar biasa,“ jelasnya.

Masuk wisata Cangkuang dewasa Rp 5000 per orang, anak anak Rp 2000 per orang. Ongkos naik rakit Rp 4000 per orang pulang pergi dan anak anak Rp 2000 per orang. “ Jika ingin memborong rakit Rp 80 ribu,“ pungkas dia. (Dono)

Teks : Suasana wisata Cangkuang di Garut, Jawa Barat