Wednesday, 19 September 2018

Koalisi PDIP-Demokrat Masih Diragukan

Sabtu, 29 Desember 2012 — 21:47 WIB
iluskoalisi

JAKARTA (Pos Kota) – Kemesraan yang ditunjukkan dua partai politik besar PDIP dan Partai Demokrat, mencuatkan wacana koalisi pada Pilpres 2014 . Spekulasi ini muncul menyusul pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Taufiq Kiemas di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Namun koalisi tersebut diragukan bakal terjadi. Menurut pengamat politik dari LIPI Syamsuddin Haris, keraguan koalisi muncul karena PDIP saat ini masih berstatus oposisi, sedangkan Demokrat adalah pemegang kekuasaan.

“Jauh kemungkinan koalisi sekarang sebab saat ini posisi PDIP oposisi, tidak menjadi bagian koalisi yang dibangun SBY,” kata Haris di Jakarta, Sabtu (29/12).

TAK MILIKI PERBEDAAN

Menurutnya, baru di tahun 2014, koalisi Demokrat dengan PDIP kemungkinan besar terjadi lantaran secara ideologis, kedua partai tidak memiliki perbedaan pandangan politik.

Selain itu, Demokrat kata Haris, punya kepentingan menggandeng partai lain khususnya untuk mencalonkan presiden.

“Saya menduga ada hubungan dengan Pilpres. Saat ini Demokrat kan belum memiliki capres dengan elektabilitas yang tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Sekjen Demokrat, Ramadhan Pohan mengungkapkan partainya berpeluang untuk berkoalisi dengan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri. “Jadi soal potensi bisa saja koalisi PD-PDIP terwujud, koalisi cantik itu namanya,” katanya. (aby)

  • UNTUNGSETIA

    tiada musuh/sahabat yg abadi,yg ada KEPENTINGAN YG ABADI,demokrat selamat korupsinya,mega dpt kursinya,persetan dgn uang rakyat yg dikorup