Friday, 22 June 2018

987 Petugas Kebersihan Jaksel Angkut Sampah Malam Tahun Baru

Selasa, 1 Januari 2013 — 11:30 WIB
sampah-sub

PANCORAN (Pos Kota) – Sebanyak 987 petugas kebersihan dikerahkan Pemko Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Kebersihan untuk mengangkut 1.535 meter kubik (M3) sampah pada malam pergantian tahun di 10 kecamatan.

Wakil Walikota Jaksel, Syamsuddin Noor didampingi Kepala Suku Dinas Kebersihan, Zainuri menjelaskan malam pergantian tahun di Ibukota tahun ini berlangsung lebih semarak dengan diselenggarakannya Car Free Night dan Pesta Rakyat oleh Pemprov DKI Jakarta dengan membuat 16 panggung hiburan mulai Sudirman hingga Monas.

“Setiap malam pergantian tahun lazimnya menghasilkan sampah masyarakat terutama dari pusat-pusat keramaian dan taman rekreasi. Kondisi ini harus disikapi dengan pengangkutan sampah secara tuntas oleh jajaran Sudin Kebersihan bersama pihak swasta,” kata Wakil Walikota Jaksel saat memimpin apel siaga kebersihan pada malam tahun baru 2013 di Kantor Sudin Kebersihan Jaksel, Pancoran, Senin (31/12) malam.

Pada apel itu Wakil Walikota menyerahkan pakaian kerja secara simbolis kepada ratusan petugas kebersihan yang bertugas pada malam tahun baru. Acara ini dihadiri Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Tri Wahyuningdiah, Kasudin Kebersihan, Zainuri, para kepala seksi dan 987 petugas kebersihan termasuk dari pihak swasta.

Zainuri menjelaskan, pihaknya didukung masyarakat terus berupaya menciptakan kawasan Jaksel yang bersih, indah dan nyaman. Terlebih pada malam pergantian tahun dengan membludaknya masyarakat termasuk dari luar kota yang ingin merayakan tutup tahun di Jakarta termasuk di Jaksel.

“Pengangkutan sampah pada malam pergantian tahun di Jaksel merata di 10 kecamatan oleh 987 petugas kebersihan diperkuat 88 truk sampah supaya jangan sampai ada sampah yang berceceran yang membuat kawasan jadi kotor dan semrawut,” kata Zainuri, Selasa (1/1).

Dari 10 kawasan, pengangkutan sampah di Jaksel diprioritaskan di kawasan Sudirman menyusul diadakannya Car Free Night dan Pesta Rakyat dengan mengerahkan 100 petugas Sudin Kebersihan dan pihak ketiga, 4 truk sampah dan 11 gerobak motor. Agar hasilnya lebih optimal, Zainuri membuat Posko Kebersihan di Kecamatan Setiabudi.

Tempat-tempat keramaian lainnya di Jaksel yang berpotensi menimbulkan tumpukan sampah yakni Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ayodia Kebayoran Baru dan areal parkir Taman Makam Pahlawan Kalibata yang banyak diserbu masyarakat. Sampah dari lokasi tersebut sudah diangkuti para petugas kebersihan sejak Selasa (1/1) dinihari.

Zainuri berharap pada 2013 Kota Jaksel dapat lebih bersih, indah dan nyaman dari tahun-tahun sebelumnya berkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. “Partisipasi aktif masyarakat dalam memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan mutlak dibutuhkan untuk menyukseskan program Jakarta Baru yang digagas Gubernur DKI Joko Widodo,” harapnya.

(rachmi/sir)

Teks Gbr- Wakil Walikota Jaksel, Syamsuddin Noor (tengah) didampingi Kasudin Kebersihan Jaksel, Zainuri (jaket hitam) bersama jajaran Sudin Kebersihan pada apel siaga perayaan malam tahun baru 2013 yang melibatkan 987 petugas kebersihan, Senin (31/12). (rachmi)

  • Romdloni Wahdi

    Selamat Tahun Baru 2013, Salut untuk pa Wakil Walikota Bp Syamsuddin Noor, Saran dari warga Ragunan Pak, Mohon dibelakang kebun binatang ragunan tidak dijadikan tempat pembuangan sampah. Jaksel Perlu tambahan armada pengangkut sampah sehingga truk sampah yg standby menunggu sampah, saat ini sampah menumpuk di jl Saco (Belakang Ragunan) menimbulkan bau tak sedap dan mengundang penyakit. Sekalian Penghuni liar (Pengumpul barang bekas) dipindahkan, sudah sangat tidak sedap dipandang mata. apalagi lokasinya pas dipintu keluar Kebun binatang Ragunan.. Forum Komunikasi Relawan Independen (FOKRI)