Wednesday, 26 September 2018

Warga Liburan Tahun Baru, Jalur Anyer – Cilegon Macet

Selasa, 1 Januari 2013 — 15:50 WIB
antrian di jalur cilegon-anyer

CILEGON (Pos Kota) – Pengunjung yang berlibur dan merayakan tahun baru 2013 di pantai Anyer pada Selasa 1 Januari 2013 ini membludak sehingga terjadi kemacetan di mana-mana.

Mengatasi kondisi tersebut jajaran Polres Cilegon memberlakukan sistem satu arah jalur Anyer-Cilegon sejak pukul 13:00 hingga pukul 17:00 WIB.

Pemberlakuan satu jalur itu disampaikan melalui surat imbauan yang diberikan kepada wartawan untuk disiarkan agar diketahui publik.

Dalam surat imbauan bernomor B/2136/XII/2012 yang ditandatangani Kasat Bina Masyarakat (Binmas) Polres Cilegon, AKP Priyatri Winoto ini disebutkan sejumlah poin, antara lain bahwa pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat atau pengguna jalan lainnya yang akan menuju Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, dari arah Jakarta, agar memasuki kawasan wisata Anyer sebelum pukul 13:00 WIB, karena arus lalu lintas dari simpang Anyer akan dialihkan melalui jalur Mancak, setelah pemberlakuan satu jalur dilaksanakan.

Selain itu, Polres Cilegon juga mengimbau kepada para pengusaha angkutan barang atau truck yang biasa beroperasi di wilayah Ciwandan dan sekitarnya agar tidak beroperasi dari jalur Krenceng, Kota  Cilegon , sampai ke Cinangka, Kabupaten Serang.

Polres juga mengingatkan agar masyarakat yang berdomisili di wilayah Anyer dan sekitar Cinangka agar agar melakukan aktivitas menuju Anyer sebelum pukul 13:00 WIB.

Sementara itu untuk diketahui bahwa hingga saat ini, pukul 13:30 WIB, jalur Cilegon-Anyer terjadi kemacetan. Berdasarkan pantauan bahwa kemacetan terjadi karena banyaknya pengunjung yang ingin berlibur di wilayah Anyer-Cinangka, dan sekitarnya.

Adapun kondisi jalan di jalur Cilegon hingga Anyer, bahkan Cinangka, dalam keadaan mulus. Karena panjangnya antrean, kendaraan yang dari arah Cilegon menuju Anyer hingga 4 jam perjalanan. Padahal normal perjalanan kurang dari 30 menit. (haryono/d)