Saturday, 25 May 2019

Usai Pesta Malam Tahun Baru, Taman Monas Rusak, Rugi Rp500 Juta

Jumat, 4 Januari 2013 — 13:34 WIB
bersih

GAMBIR (Pos Kota) – Pesta perayaan malam tahun baru di kawasan Monas membuat kerusakan taman di lokasi tersebut. Rumput-rumput dan tanaman hias yang ada di taman rusak dan mati. Bahkan kerugian akibat rusaknya taman diperkirakan sebesar Rp 500 juta.

Kepala Sudin Pertamanan Jakarta Pusat (Jakpus), Ratna Diah Kurniati mengakui rusaknya taman di semua sisi kawasan Monas akibat terinjak-injak pengunjung pada perayaan malm tahun baru. “Paling parah taman yang rusak di sisi Selatan dan Barat Monas,” ujarnya, Jumat (4/1/2013).

Sekitar 300 meter persegi rumput taman jenis Gajah Mini rusak dan mati akibat terinjak-injak pengunjung. Demikian juga tanaman hias jenis Bogenvil, Kana dan Bakung juga mati. Akibatnya, taman yang dulunya asri dan indah berubah dan terkesan jadi tidak terawat.

Bahkan pagar sling yang terbuat dari baja sepanjang 500 meter juga rusak. Padahal pagar tersebut berfungsi untuk menjaga atau membatasi agar pengunjung tidak menginjak-nginjak taman. “Kerugian akibat rusaknya taman dan pagar diperkirakan sebesar Rp 500 juta. Namun, itu masih perkiraan dan masih harus diperinci,” kata Ratna.

Dikatakan, perbaikan taman dan pagar akan dilakukan secepatnya. Namun, dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan skala prioritas.

(tarta/sir)  

  • Mangap

    Semoga diantisipasi untuk tahun baru mendatang. Agar tidak buang buang uang perbaikan