Sunday, 24 September 2017

Puting Beliung Mengamuk, Warga Tewas di Lampung Timur

Minggu, 6 Januari 2013 — 23:01 WIB
angin-puting-b

LAMPUNG (Pos Kota) – Angin puting beliung disertai hujan deras yang  menerjang kampung Karya Makmur, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, pada Sabtu (5/1) sekitar pukul 22.00 WIB.

Akibat cuaca ekstrim ini seorang warga tewas yakni Jasman ,45, warga Desa Karya Makmur yang tertimpa pohon. Sedangkan 18 rumah warga lainnya rusak parah.

Budi Harto,  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung, menyatakan,  saat angin puting beliung mengamuk di tengah hujan tiba-tiba merobohkan pohon dan korban yang sedang berteduh berada di bawah pohon  langsung tertimpa  hingga tewas.

Menjelang siang pada Minggu (6/1) tampak puluhan warga Desa Karya Makmur,  sudah membersihkan rumahnya yang rusak ringan. Sedangkan rumah yang rusak berat, belum bisa digunakan warga sebagai tempat tinggal sehingga warga sementara menumpang di rumah kerabat mereka.

BPBD provinsi dan kabupaten sudah memberikan bantuan tenaga dan logistik ke lokasi bencana. Untuk pemulihan rumah warga yang rusak pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Lampung Timur.

Hingga kini, warga masih waspada adanya angin puting beliung susulan. Warga yang rumahnya masih selamat, sudah berjaga dan sebagian memindahkan perabotan rumah tangganya ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu korban tewas Jasman  pada Minggu (6/1) pukul 13.00 WIB.,  dikuburkan. Tampak pada tubuh Jasman  mengalami luka parah di kepala dan sekujur tubuhnya patah. (Koesma/d)