Wednesday, 26 September 2018

Kali Pesanggrahan Diperlebar 35 Meter, Sepanjang 4 Km

Senin, 7 Januari 2013 — 22:51 WIB
Kali Pesanggrahan, rawan banjir.

Kali Pesanggrahan, rawan banjir.

KEMBANGAN (Pos Kota) – Kali Pesanggrahan salah satu penyebab banjir di Jakarta Barat, tahun 2013 ini akan dilebarkan 35 meter sepanjang 4 kilometer (KM).

”Meliputi  delapan kelurahan, “ kata Ir.Bambang Djoko anggota Tim Pengendalian Pengawasan Pembangunan Wilayah (TP3W) Jakarta Barat, Senin (7/1/2013)

Proyek besar pengendalian banjir ini menurutnya, dilakukan secara terkoordinasi Kementerian PU membangun tiang pancang (Site Peil) dan pembebasan lahannya dilakukan Dinas PU DKI Jakarta.

”Dinas PU DKI Jakarta membebaskan lahan terhadap bidang tanah warga. Sedang 15 lahan untuk pengembang yang juga terkena proyek ini tak pelu dibebaskan karena merupakan kewajiban pengadaan lahan,” jelasnya.

Program Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akan dilengkapi dua jalan inspeksi sebelah kiri kanan dari badan kali.

”Lebar jalan masing-masing 10 meter, sedang badan kali 35 meter, lebar keseluruhannya mencapai 45 meter. Jalan inspeksi ini untuk memudahkan perawatan kebersihan kali termasuk pengerukan lumpur,” kata Bambang.

 

Kali Pesanggrahan475

Sedang kelebaran kali yang ada sekarang ini bervariasi sekitar lebar 8 meter sampai 12 meter, akibatnya kali yang melintasi delapan kelurahan Sukabumi Selatan-Kelapa Dua-Srengseng-Kbon Jeruk-Meruya Utara-Kembangan Selatan-Kedoya Selatan dan Kembangan Utara menjadi rawan banjir.

”Tanggal 25 November 2012 lalu Pak Joko Wi juga sudah meninjau ke lokasi ketika banjir di RT.004/05 Kelurahan Sukabumi Selatan,” tuturnya.

Pelabaran Kali Pesanggrahan dilakukan dari perbatasan antara wilayah Jakarta Barat (Kelurahan Sukabumi Selatan) dan berakhir di Kali Cengkareng Drain tidak jauh dari kantor Kecamatan Kembangan.

”Jika banjir terjadi bisa mencapai dua sampai tiga meter,kami bersyukur jika proyek penanggulangan banjir bisa cepat dilakukan,” kata Ny. Sri warga RW.05 Kelurahan Sukabumi Selatan.   (herman/d)

Teks Gb
Kali Pesanggarahan di Sukabumi Selatan yang akan dilebarkan tahun 2013 ini.  (herman)