Wednesday, 24 April 2019

Kejari Belum Terima Salinan Putusan, Jupe Belum Eksekusi

Rabu, 9 Januari 2013 — 16:31 WIB
jupe

JAKARTA (Pos Kota) – Meski sudah sebulan lebih diputus oleh Mahkamah Agung, namun nyatanya sampai kini, salinan putusan belum diterima, sehingga Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur selaku eksekutor belum dapat mengeksekusi artis Yulia Rahmawati alias Julia Perez.

“Kami belum terima salinan putusan MA-nya. Jadi bagaimana kita mau eksekusi. Sedangkan salinan putusan merupakan dasar untuk
mengeksekusi,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Timur Andi Herman saat dihubungi oleh Pos Kota, Rabu siang.

Namun begitu, Andi yang disebut-sebut akan menggantikan Heru Sriyanto sebagai Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menjanjikan akan segera mengeksekusi artis tersebut, bila salinan putusan sudah diterima.

Sesuai ketentuan yang diatur dalam KUHAP (Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana), eksekusi suatu perkara hanya dapat dilakukan, apabila salinan putusan MA sudah diterima. Meski dalam beberapa kasus lain, dengan petikan putusan, suatu perkara sudah dapat dieksekusi.

Sekitar sebulan lalu, kasasi artis Jupe ditolak dan MA menguatkan putusan pengadilan dibawahnya, yakni  selama tiga bulan penjara dengan masa percobaan selama enam bulan. Dalam artian, Jupe akan menjalani tiga bulan penjara, bila selama enam bulan mengulangi perbuatan.

Julia Perez mengajukan kasasi setelah merasa tidak puas dengan putusan pengadilan sebelumnya. Pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, dia dinyatakan bersalah dan divonis selama tiga bulan dengan masa percobaan selama enam bulan, 11 Oktober 2011.

Terseretnya pekerja seni ini berawal dengan kasus cakar-cakaran dengan Dewi Perssik dalam sebuah adegan filem. Akibat tindakan tersebut, dia kemudian dikenakan sangkaan melanggar pasal 351 KUHP tentang Penganiyaan.

(ahi/sir)