Monday, 26 August 2019

Kopassus Tanam Pohon di Bogor

Rabu, 9 Januari 2013 — 16:05 WIB
danyon-sub

BOGOR (Pos Kota) – Korps Pasukan Khusus (Kopassus) grop 2 Batalyon 23 Kemang Bogor, akan melakukan penanaman 2.500 pohon diwilayah Ciampea Kabupaten Bogor. Jumlah bibit pohon akan bertambah, jika luas lahan yang hendak di tanam masih memungkinkan.

Menurut Komandan Batalyon 23 Grop 2 Kopassus Kemang, Letkol Inf Wulang Nur Yudhanto, ribuan pohon jenis sengong dan Mahoni yang akan di tanam ini, merupakan program TNI peduli lingkungan.

danyon-tengah
Pohon yang ditanam, selain berguna sebagai penyangga terjadinya longsor, juga akan bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, manakala di tebang saat usia pohon mencapai dua tahun.

Ribuan bibit pohon berbagai jenis ini, diakui Letkol Wulang, diberikan secara gratis. Masyarakat diminta memanfaatkan lahan kosong untuk melakukan penanaman, dengan bibit yang disediakan secara gratis.

Penanaman pohon ini, akan merambah kesemua wilayah di Bogor. “Untuk stok bibit sangat aman dan gratis. Untuk di Kecamatan Ciampea, kami mulai dengan 2.500 pohon. Namun kalau lahannya masih tersisa luas, kami akan tambah bibitnya,”kata  Letkol Wulang Rabu (9/1/2013) siang.

Ditambahkan, program TNI peduli lingkungan ini, merupakan kelanjutan dari pencanangan penanaman pohon yang diawali oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopasus, Mayjen Inf Agus Soetomo di Mako Yon 23 Grop 2 Kopassus Kemang Jumat (4/1) lalu.

“Diawali dari penanaman pohon Mahoni Uganda oleh Danjen Kopassus di Mako. Dan kami menindaklanjutinya. Intinya,masyarakat bilang mereka butu bibit, maka kami siap mensuplai secara gratis,”katanya.

Selain melakukan penanaman pohon, TNI juga melakukan pembersihan sungai dari sampah. “Benda-benda yang mengotori sungai yang dipungut, lalu diolah menjadi bahan berguna lainnya yang hasilnya dapat di nikmati masyarakat sekitar, sebagai nilai tambah ekonomi,”papar Wulang.

(yopi/sir)