Thursday, 19 September 2019

Kota Semarang Diguyur Hujan dan Diamuk Puting Beliung

Rabu, 9 Januari 2013 — 22:36 WIB
Ilustrasi rumah rusak di Semarang, Jawa Tengah, akibat diterjang puting beliung.

Ilustrasi rumah rusak di Semarang, Jawa Tengah, akibat diterjang puting beliung.

SEMARANG ( Pos Kota ) – Kota Semarang terus dilanda hujan deras disertai angin puting beliung . Akibatnya sejumlah wilayah dilanda banjir dan belasan rumah penduduk rusak parah dilanda angin kencang .

Puting Beliung Semarang2

Dari pantauan Pos Kota , angin kencang puting beliung melanda wilayah kelurahan Sambirejo , Kecamatan Gayamsari, Semarang , Rabu(9/1).

Belasan rumah di wilayah ini rusak parah disapu angin sehingga puluhan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman .

Sedikitnya ada duabelas rumah di Desa Cebolok , Sambirejo,Gayamsari, Semarang hancur dan enam rumah lainnya mengalami kerusakan.

Warga terpaksa membolos bekerja karena harus bergotong royong memperbaiki rumah mereka yang rusak .

Menurut sejumlah warga , bencana angin puting beliung itu diawali saat di wilayah mereka turun hujan deras . Saat itu para kepala keuarga sedang bekerja , rumah mereka kebanyakan hanya dihuni para wanita dan anak-anak .

Awalnya hujan hanya disertai angin yang tidak terlalu kencang sehingga warga tidak cemas .

Tetapi, tak lama kemudian hujan deras disertai angin puting beliung .Warga menjadi panik dan berlarian keluar rumah ketika angin kencang mulai berputar dan menyapu sejumlah rumah permanen.

Sambil menjerit ketakutan warga yang rumahnya disapu angin kencang berlarian dan berlindung ke mushola .

Dalam waktu singkat belasan rumah warga hancur dan rusak parah . Setelah hujan dan angin kencang reda , warga spontan bergotong royong berupaya memperbaiki rumah mereka . Sejumlah warga yang rumahnya hancur dan rata dengan tanah terpaksa mengunsi di rumah tetangga yang selamat dan juga di mushola setempat .

Warga berharap pemerintah kota Semarang bersedia membantu memperbaiki rumah mereka . Sementara itu hujan deras yang terus mengguyur kota Semarang juga menjadikan sejumlah wilayah di kawasan Semarang Utara dan Timur digenangi banjir . ( Suatmadji /d) .