Saturday, 20 July 2019

Atasi Banjir Pemkot Jaksel Giat Bangun Saluran Air

Kamis, 10 Januari 2013 — 18:41 WIB
salciganjur101

JAGAKARSA (Pos Kota) – Mengurangi genangan dan banjir, Pemkot Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air gencar membangun saluran air di permukiman warga.

“Pembangunan infrastruktur sistem tata jaringan air di Jaksel terus diperkuat sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi genangan maupun banjir,” kata Kasudin PU Tata Air Jaksel, Irvan Amtha, Kamis (11/1).

Pembangunan saluran itu berdasarkan hasil inventarisir lapangan terutama di sejumlah kawasan yang sampai sekarang belum memiliki sistem saluran yang optimal.

Begitu pula pembangunan saluran berdasarkan aspirasi masyarakat. Seperti di RT 08/02 di Jl Abdurrahman Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa yang dibangun Juli 2012 dengan anggaran swakelola Sudin PU Air Jaksel.

Kepala Seksi Pemeliharaan Saluran Sudin PU Tata Air Jaksel, Kasna menjelaskan saluran air dibuat di tengah jalan atas permintaan warga lantaran sempitnya trase jalan sekitar 2,2 meter. Sebelumnya di lokasi tersebut belum memiliki saluran air.

“Saluran air dibuat di tengah jalan dengan ukuran 60 Cmx40 Cm dan tebal penutup saluran 12 Cm yang menggunakan besi berukuran 12 inci,” kata Kasna.

Setiap 10 meter di saluran itu dibuatkan bak penampungan untuk memudahkan manakala akan dikuras. Saluran sepanjang 180 meter berakhir di perbatasan di RT 07 dan crossing ke RT 06.

Hanya saja karena saluran di tengah jalan ini kerap dilintasi kendaraan truk (over tonase), menyebabkan coran penutup saluran rentan rusak.

Penjelasan pihak Sudin PU Tata Air Jaksel ini menanggapi keluhan pembaca melalui rubrik Aspirasi Warga Jakarta di Pos Kota, Kamis (11/1). Isinya: “Kami warga Ciganjur Gang Abdurahman mengeluhkan pembuatan got saluran air yang penutupnya sering rusak akibat ulah kontraktor yang nakal. Apakah dikerjakan sesuai bestek? Mohon segera diperbaiki,” ujar pengirim dari nomor 085216958xxx.

Lebih lanjut Kasna menjelaskan, terkait penutup saluran yang mudah rusak, pihaknya sudah tiga kali memperbaiki. Terlebih lagi coran penutup saluran kini juga sudah ditutup warga untuk pembangunan jalan rabat beton dari dana PNPM dan sisanya swadaya.

Warga dituturkan Abdullah, Bendahara RT 08/02 Kelurahan Ciganjur sudah berkordinasi dengan Sudin PU Tata Air Jaksel dan memperbaiki coran penutup saluran yang rusak secara swadaya. (Rachmi)

Teks: Mengurangi genangan, Sudin PU Tata Air Jaksel membuat saluran air di bagian tengah jalan sesuai aspirasi warga RT 08/02 Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa. (Rachmi)

  • IS

    sudah berusaha diperbaiki, sampai 3 kali, kemungkinan itu dari warga sendiri yang tidak memelihara jalan tersebut dan membiarkan mobil besar masuk ke jalan tersebut, sampai yang saya tahu pihak pengurus RT. sudah memasang penghalang dari bambu agar mobil besar (truk)tidak masuk, tapi dipotong oleh warga yang mementingkan kepentingan pribadi

  • http://www.facebook.com/bambang.trilaksana Bambang Trilaksana

    buatnya saluran air kurang dalam sekalian 1mt lebih n dasar gak usah di sement buat mbantu rembesan air hujan ke dalam tanah