Kurikulum 2013, Kemedikbud Siapkan Pelatihan Guru Inti

Sabtu, 12 Januari 2013
M.Nuh

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siapkan pelatihan bagi guru-guru pelajaran inti menjelang diberlakukanya kurikulum 2013.

Pelatihan selama 60 jam tersebut akan diberlakukan bagi guru kelas 1 dan kelas IV SD, guru kelas VII SMP dan kelas X SMA.

“Bulan Maret 2013 kita akan gelar pelatihan untuk guru-guru dan kepala sekolah juga pengawas pendidikan, ,” kata Mendikbud M Nuh dalam pemaparannya pada seminar nasional di Universitas Terbuka (UT), Sabtu (12/1).

Dalam  pelatihan tersebut, Kemendikbud akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan LPMP. Intinya, semua guru harus disiapkan menguasai konten kurikulum 2013 sebelum tahun ajaran baru 2013/2014.

Menurut Nuh,  pemberlakuan kurikulum 2013 tidak akan merugikan guru bidang studi apa pun.  Karenanya, guru-guru tidak perlu risau.

“Perubahan kurikulum hanya kegiatan akademis murni, jadi nggak perlu dipolitisi,” kata Nuh.
Menurutnya perubahan kurikulum pendidikan hanya ingin supaya siswa lebih berkompetisi sesuai tuntutan masa depan. Sehingga sekolah sekolah tidak akan melahirkan generasi usang atau terlambat dalam hal pebnguasaan pengetahuan.

Munculnya keresahan guru-guru bidang studi seperti guru bahasa Inggris, bahasa daerah, guru TIK dan sebagainya dikatakan Nuh tidak perlu terjadi. Sebab semua bidang studi pada dasarnya bisa diintegrasikan pada muatan yang ada di kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 hanya mengatur jumlah minimal muatan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Misalnya untuk SD, minimal harus ada pendidikan agama, bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKN, sosial Budaya Prakarya dan pendidillkan jasmani (olahraga).

Kurikulum 2013 itu sendiri mulai diperlakukan. Kurikulum 2013 rencananya mulai diberlakukan tahun ajaran 2013. Untuk tahap awal, diberlakukan bagi siswa SD kelas 1 dan IV, kelas VII SMP dan kelas X SMA. (Inung)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.