Friday, 21 September 2018

Hujan Guyur Puncak, Bendungan Katulampa Siaga

Minggu, 13 Januari 2013 — 15:54 WIB
katulampa

BOGOR (Pos Kota) – Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak dan sekitarnya  menyebabkan ketinggi air di Bendungan Katulampa menjadi siaga IV.

Debit air di bendungan ini Minggu (13/1/2013) siang mencapai 80 cm. Ketingian air diperirakan akan terus naik mengingat di kawasan Puncak dan Bogor masih diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Luapan Sungai Ciliwung akan segera jika hujan di kawasan Puncak tak juga reda.

Andi Sudirman, Koordinator Penjaga Bendungan Katulampa  mengatakan, naiknya debit air  akan naik menjelangn petang atau malam hari dikarenakan curah hujan di kawasan Puncak sangat tinggi.

“Saat ini sekitar pk.15:00, ketinggian  air di Bendung Katulampa sudah mencapai 80 centimeter,” katanya. Ketinggian akan terus bertambah, seiring hujan deras masih mengguyur wilayah Puncak, Bogor.

Untuk itu, lanjut Andi, diharapkan kepada warga Jakarta yang ada di bantaran kali Ciliwung agar berhati-hati dengan kiriman air dari Bogor.

Banjir juga akan semakin parah di Jakarta, jika wilayah Jakarta diguyur hujan, karena luapan sungai Ciliwung akan berdampak pada banjir di Jakarta.

(iwan/sir)

  • machok

    bosen bgt sama soal banjir
    jgn kbykan lempar ksalahan sama wrga yg tggl di pggr² kali ciliwung terus, disuruh pindah ke rumah komplek juga mereka mau. gada yg mau tggl disana klo bukan krn keadaan
    ini krn salah pihak2 tertentu juga yg kebanyakan makan uang setuju lahan² kosong bwt tmpat bisnis, mall/apartment dll
    skg jamannya tiap ada komplek elite pasti ada mall di sekitarnya, gila ga tuh
    lokasi perumahan dicampur sama tmpt foya² bukannya dibuat lahan perumahan yg layak supaya warga² pinggir ciliwung mw pindah
    cuape deeh, moga² jokowi emang beda sama yg laen

  • http://www.facebook.com/people/Utomo-Prawiro/100000331352018 Utomo Prawiro

    Bendungan katulampa umurnya sudah 100 tahun. dan belum pernah dikeruk. harus diperbesar. atau di buat bendungan baru untuk menampung air kiriman dari puncak dan bogor.