Friday, 21 September 2018

BAZNAS Luncurkan Program ZCD

Rabu, 16 Januari 2013 — 18:06 WIB
Baznas Sukabumi

SUKABUMI (Pos Kota) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program Zakat Community Development (ZCD) di Gedung 1.000 Baznas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/1). Untuk tahap awal, lembaga non nirlaba ini akan mengucurkan Rp5 miliar dengan target 100 BAZ kabupaten/kota di seluruh Tanah Air.

Ketua Baznas, Didin Hafidhuddin menjelaskan alokasi anggaran program ZCD merupakan dana stimulus yang dapat ditambah dari alokasi APBD Provinsi maupun kabupaten/kota. Targetnya yakni daerah-daerah termiskin di Indonesia.

“Dalam melaksanakan rogram ZCD ini kita berkoordinasi dengan Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan (TNP2K). Kami berharapa dengan program ini mampu memberdayaan masyarakat yang ingin merubah kondisi mustahik atau penerima zakat menjadi pemberi zakat atau muzakki,” kata Didin.

Melalui program ZCD ini, Baznas mengintegrasikan sejumlah aspek yakni bidang ekonomi, pendidikan, akhlak, dan agama. Untuk mewujudkan hal tersebut memang memerlukan proses yang panjang untuk akan didikung sejumlah kementerian dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Program ZCD nantinya akan mendapatkan pendampingan dari pengurus Baznas di daerah. Penerapan program ZCD akan dievaluasi berdasarkan sejumlah indikator,” terang Didin sambil menuturkan indikator yang dievaluasi di antaranya jumlah penganggur yang berkurang, menurunnya angka balita gizi buruk di daerah.

Di lain sisi, Didin mengungkapkan potensi zakat nasional mencapai Rp213,7 triliun per tahunnya. Sejauh ini, hasil zakat, infak dan sodakoh yang terkumpul baru mencapai Rp2,2 triliun atau baru sekitar 10 persen lebih dari potensi ZIS yang bisa dikumpulkan.

“Pada tahun lalu kita sudah menyalurkan zakat kepada 1,8 juta orang di Indonesia,” ungkapnya. (sule/d)
foto:
Baznas meluncurkan program Zakat Community Development (ZCD) di Gedung 1.000 Baznas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/1). Foto: humas