Sunday, 18 November 2018

Jalan Sukabumi – Sagaranten Amblas

Rabu, 16 Januari 2013 — 18:11 WIB
Jalan Amblas Sukabumi-n

SUKABUMI (Pos Kota) – Lintasan ruas jalan Sukabumi-Sagaranten nyaris terputus. Pasalnya, di beberapa titik sepanjang jalan berstatus milik Pemprov Jawa Barat minggu ini amblas akibat retakan tanah. Kondisi ini menghambat laju kendaraan ke Sagaraten maupun sebaliknya karena hanya bisa dilalu satu jalur.

Ruas jalan yang amblas diantaranya di wilayah Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kampung Cibodas Desa Cijangkar. Di lokasi ini, ruas jalan amblas sepanjang 75 meter  dengan  lebar hampir 2,4 meter kedalaman sekitar 50 centimeter. Akibatnya jalan ini beroperasi hanya satu jalur.

Jalan ambas juga terjadi di Kampung Cikawung di persimpangan ke ibukota Kecamatan Nyalindung. Di ruas jalan ini, jalan amblas sekitar 30 meter dengan lebar 2 meter dan kedalaman sekitar 1 meter. Jalan ini hanya dapat dilintasi satu jalur lintasan.

Budi, salah seorang warga menjelaskan amblasnya jalan di lintasan Sagarentan-Sukabumi seringkali terjadi. Pasalnya, jalan Sagaranten berada di lintasan yang rawan pergerakan tanah. Lebih rawan amblas memasuki musim penghujan seperti cuaca sekarang.

“Di beberapa titik jalan di sini amblas. Sehingga terpaksa di titik-titik yang amblas hanya satu jalur. Ya memang menghambat arus kendaraan. Makanya kami berharap pemerintah segera memperbaikinya,” ujarnya.

Petugas Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan II, (BPJP) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Endang Jaya mengaku sudah melakukan perbaikan di sejumlah titik jalan yang amblas. Di lokasi jalan yang amblas, pihaknya memasanga material batu dan akan membangun tanggul di bagian pinggir jalan. Tujuannya, untuk menahan longsoran.

Kepala Polsek Nyalindung, AKP Dede Majmudin mengaku telah menyosialisasikan kepada warga terutama pengendara agar waspada saat melintasi ruas jalan di wilayah hukum Nyalindung.

“Kami melarang melarang truk-truk besar dan tronton untuk melintas terutama kendaraan yang bermuatan berat,” tegasnya. (sule/d)

TEKS FOTO:

Salah satu titik amblas jalan ruas Jalan Sukabumi-Sagaranten di wilayah Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.