Friday, 19 July 2019

Bisnis Cuci Motor Menggiurkan, Cari Untung Sambil Entaskan Pengangguran

Kamis, 17 Januari 2013 — 4:51 WIB
cuci-motor

USAHA cucian sepeda motor bisa dijadikan pasar kreatif untuk mencari keuntungan pribadi maupun mengentaskan sejumlah penganggur.

Contohnya, Garuda Steam Motor di Jalan Raya Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat. Bisnis ini, menjadi gantungan hidup puluhan orang dari usaha kecil menengah tersebut.

Tempat cucian motor yang menempati sebagian rumah tinggal dan trotoar jalan di pojok jalan raya, menjadi usaha yang menggiurkan. Patut menjadi inspirasi bagi warga yang mencari rezeki. Pasalnya, meski sepintas seperti usaha Kaki-5 namun omsetnya sangat tinggi karena tiap hari mencapai jutaan rupiah.

Garuda Steam Motor yang dulu dikenal dengan nama Cuci Motor Omenk, mempekerjakan 20-an orang. “Dari pagi sampai malam, melayani cucian motor lebih dari 100 unit. Kalau week end malah mencapai 200-an motor,” papar Amat, salah satu pekerja, Rabu (16/1).

Tarif cuci motor untuk jenis bebek Rp8 ribu sedangkan motor turing Rp10 ribu. “Dengan tarif seperti itu dan banyaknya jumlah pelanggan. Mereka juga biasanya memberi  uang tips sedikitnya Rp 2 ribu kepada tukang cuci,” jelasnya.

CEPAT TAPI BERSIH

Banyak pelanggan karena layanannya yang menyenangkan. “Mencucinya sangat bersih dan cepat, karena sebelum pakai sabun, dibersihkan dulu pakai minyak tanah,” ujar pelanggan Dicky, warga Kemayoran.

Selain itu lokasinya di pojok jalan juga sangat nyaman buat istirahat sambil menunggu pencucian. “Ruang tunggunya di tempat terbuka jadi sangat santai, sehingga tak terasa motor selesai dicuci.”

Puluhan tukang cuci Garuda Steam Motor umumnya kalangan anak muda yang enerjik dan lincah, sehingga sangat cepat mencuci motor. “Diusahakan nggak lebih dari seperempat jam,” ucap  Amat.

Pihak pengelola sebenarnya cuma melayani dari pukul 09:00 sampai 17:00. Namun ternyata pelanggan justeru lebih banyak yang datang malam hari sepulang kerja, maka pekerja terpaksa melayani mereka tiap hari hingga pukul 23:00. (joko/ak)

TEKS FOTO:
Suasana pencucian motor di Garuda Steam Motor di Jalan Raya Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat.(joko)