Wednesday, 19 September 2018

Polda Sumut Musnahkan Narkoba Senilai Rp 1,5 Miliar

Jumat, 18 Januari 2013 — 21:14 WIB
Narkoba Diblender

MEDAN (Pos Kota) – Satuan Reserse Narkoba Polda Sumut melakukan pemusnahan narkoba senilai Rp 1,5 milliar, Jumat (18/1/2013).

Pemusnahan shabu-shabu dilakukan dengan cara dicampur dengan air panas dihancurkan dengan cara diblender.

Kemudian untuk narkoba jenis pil ekstasi dikubur ditanah dan narkoba jenis ganja dibakar dengan campuran minyak tanah.

Direktur Reserse Narkoba Poldasu Kombes Pol Toga Panjaitan, mengatakan narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan kurun waktu selama satu bulan yakni dari pertengahan Desember – Januari.

“Sebanyak 11 kasus yang kita tangani dengan  jumlah 14 tersangka,” katanya.

Ditambahkannya,  jumlah total barang bukti yang disita yakni narkoba jenis sabu sebanyak 1.384,78 gram yang disisihkan untuk laboratorium forensik (labfor) sebanyak 120,58 gram dan untuk pengadilan negeri sebanyak 27 gram.

“Jadi yang dimusnahkan sebanyak 1.235,20 gram,” ujarnya.

Kemudian, untuk narkoba jenis ganja yang disita sebanyak 2.080 gram yang disisihkan untuk labfor sebanyak 61 gram dan untuk pengadilan negeri sebanyak 20 gram maka, yang dimusnahkan sebanyak 1.999 gram.

Sementara itu untuk pil ekstasi yang diamankan sebanyak 189 butir yang disisihkan untuk labfor 14 butir dan untuk pengadilan negeri  4 butir. “Sehingga yang kita musnahkan sebanyak 171 pil ekstasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Toga Panjaitan, mengeluhkan jumlah anggaran yang disediakan pemerintah untuk dalam pengungkapan kasus narkoba, khususnya di wilayah Sumatera Utara.

“Untuk satu kasus narkoba di Polda Sumut, mendapat anggaran sebesar Rp13 juta. Anggaran ini sangat kecil dibanding Direktorat Narkoba Bareskrim Mabes Polri yang jumlah anggaran 1 kasusnya sebesar Rp28 juta ditambahkan anggaran pengembangan, jika kasusnya cukup besar,” ungkap Toga.  (samosir/d)

Polda Sumut musnahkan narkoba senilai Rp 1,5 miliar