Thursday, 26 April 2018

Akibat Banjir Landa Jakarta

186 Pasien RS Jiwa Grogol Diungsikan ke Bogor

Sabtu, 19 Januari 2013 — 0:36 WIB
pasiengile181

BOGOR (Pos Kota) – Pasien gangguan jiwa di RS Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor membludak. Bukannya karena orang gila di Bogor semakin banyak. Ternyata pasien itu akibat dampak dari banjir Jakarta . Mereka adalah kiriman dari RS Jiwa Soeharto Herdjan (RSJSH) Grogol, Jakarta Barat.

Pasien dipindahkan, karena rumah sakit ini, terendam banjir. Data yang diperoleh, ada 186 pasien jiwa dari Grogol diungsikan ke Bogor.

Direktur Keuangan dan Administrasi Umum RSJSH, Ahmad Nawir mengakuinya. “Supaya mereka dapat pelayanan medis secara memadai, kami bawa kesini,”kata Ahmad.

Menurutnya, ketersediaan air bersih di RS Grogol sudah tidak layak. Selain itu MCK sudah tidak bisa digunakan, karena tergenang air. “Daripada kami bertahan tapi menimbulkan penyakit baru, lebih baik pasien kami pindahkan. Hindari resiko lain yang muncul saja,”paparnya.

Fuji Tri Astuti, Direktur Pelayanan Medis RSJMM Bogor menuturkan, 186 pasien asal Jakarta ini, akan dirawat di tiga ruangan utama dan beberapa ruangan tambahan.

“Kami siap layani pasien asal Jakarta. Keperluan pasien, dan obat-obatan disini sangat cukup,”kata Fuji Tri sambil menambahkan, ratusan pasien Jakarta ini, akan dirawat 50 perawat dan 40 mahasiswa yang sedang praktek lapangan di RS Jiwa tertua di Indonesia ini. (yopi)