Saturday, 22 September 2018

Pilot Asing Diperketat di Maskapai Nasional

Senin, 21 Januari 2013 — 18:30 WIB
liotding211

JAKARTA (Pos Kota) – Akibat adanya beberapa kali insiden kecelakaan pesawat oleh pilot asing, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat pengaturan penggunaan pilot asing oleh maskapai nasional.

Dalam ketentuan yang berlaku sejak 10 Januari 2013 sesuai surat Dirjen Perhubungan Udara Nomor AU.403/1/1/DJPU.DKUPPU/2013 tanggal 10 Januari tentang Penggunaan Pilot Asing, persyaratannya , antara lain pilot asing harus memiliki pengalaman minimal 250 jam terbang pada tipe pesawat yang akan diterbangkan.

Selain itu, pilot asing harus memiliki pengalaman terbang pada tipe pesawat yang diterbangkan, khususnya pada operator penerbangan Civil Aviation Safety Regulations (CASR) 121 (penerbangan charter dan tak berjadwal, red) dan 135 (penerbangan niaga berjadwal, red). .

Kemenhub dalam hal ini Ditjen Perhubungan Udara mewajibkan kepada Operator Penerbangan yang akan memperkerjakan pilot asing harus memenuhi seluruh persyaratan termasuk persyaratan pengalaman minimal jam terbang saat pengajuan pilot asing.

Saat ini diperkirakan sekitar 600 pilot asing yang bekerja di maskapai penerbangan nasional seperti Lion Air, Citilink, PT Garuda, Wing Air dan Sriwijaya Air. (dwi)