Tuesday, 23 October 2018

Di pinggir Kali Ciliwung Kelurahan Kebon Baru

Janda-janda Tua Dapat Bantuan Pos Kota

Sabtu, 26 Januari 2013 — 6:28 WIB
ilusjanda

TEBET (Pos Kota) – Rintik  hujan tak menyurutkan langkah janda-janda tua di pinggir Kali Ciwilung menyambut kedatangan Tim  Pos Kota Peduli Korban Banjir. Raut muka mereka menampakkan kesusahan akibat didera banjir bandang  hingga mengakibatkan hunian dipenuhi lumpur.

“Selamat datang, Pos Kota,”  kata Nenek Marwati, 61, warga RT 08/RW10, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Timur, Jumat siang (25/1). Di sampingnya berderet wanita lanjut usia (lansia) yang telah ditinggal suami ke alam baka.

Musibah tahunan ini mengakibatkan keluarga anak-menantu atau cucu menjadi sandaran hidup di tengah kesulitan ekonomi. Kehidupan para lansia itu makin serba susah dengan datangnya musibah banjir.

Penghuni permukiman di lokasi ini sehari-hari mencari nafkah pada sektor informal sebagai pedagang makanan di atas gerobak,  pedagang Kaki-5, penjual sayuran, kuli, buruh dan sejenis.

Jumlah janda tua dan wanita lansia 80 orang. Bantuan Pos Kota dalam 100 amplop berisi masing-masing Rp100 ribu atau total Rp10 juta. Penyerahan bantuan didampingi Ketua RT 08 Radjak dan Ketua RT 10 Syaifudin dipantau Lurah Bambang Suhanda.

“Mohon maaf, kami utamakan untuk janda-janda tua yang banyak bermukim di sini,” kata H. Toto Irianto, ketua tim, bersama Rachmi Siregar, sekretaris tim, dan Timyadi, fotografer Pos Kota. “Semoga bantuan ini besar manfaatnya bagi beliau-beliau.”

MENCIUM TANGAN

Penegasan itu mengingat banyak warga setempat turut kumpul. Sisa bantuan diprioritaskan bagi keluarga yang paling menderita. Mendengar penjelasan H.Toto, warga maklum sambil mengikuti doa bersama memohon keselamatan, kesehatan dan kemudahan dalam menghadapi cobaan-Nya.    “Seperti di tempat lain, kami juga minta didoakan agar Pos Kota korannya warga Jakarta tetap jaya,” kata H. Toto, usai memimpin doa.

Warga kompak membalas dengan ucapan, “Amin ya robal alamin.” Ada juga yang berseru berulang-ulang, “Hidup Pos Kota..!”

Nenek-nenek menciumi tangan Rachmi yang membagikan amplop seraya mengucap dengan suara bergetar, ”Terima kasih, Pos Kota.”

Bantuan ke-6 dari 10 lokasi pada 10 kelurahan se-Jakarta tersebut, berlanjut hari ini, Sabtu (26/1), pada lokasi di Kelurahan Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat.
Keenam lokasi yang telah dibantu berada di Kelurahan Petamburan dan Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Bukit Duri dan Kebon Baru, Jakarta Selatan, Bidaracina dan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Total dana yang dikucurkan Pos Kota, Rp100 juta. (rachmi/st/o)*

Foto: timyadi

Rachmi, Sekretaris Tim Pos Kota Peduli Korban Banjir, menyerahkan bantuan kepada janda-janda tua di pinggiran Kali Ciliwung, Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan.