Sunday, 15 September 2019

Banyak Jalan Tanpa PJU, Pengendara di Tangsel Ngeluh

Jumat, 1 Februari 2013 — 10:27 WIB
pju-sub

SERPONG (Pos Kota) – Warga dan pemakai kendaraan khususnya di malam hari di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluh banyaknya lokasi rawan kecalakaan tak ada penerangan lampu jalan (PJU). Mereka menilai instasi terkait tak peka dan peduli dengan kondisi di lapangan.

“Kami menilai jajaran Pemkot Tangsel kurang peduli dengan kondisi di lapangan yang kerap terjadi kecelakaan lalulintas khususnya di malam hari akibat jalan tak ada penerangan,” kata Ny. Ridwan, warga Serpong, Tangsel.

Penerangan jalan sebetulnya sangat dibutuhkan karena jalan raya ini selama 24 jam ramai dengan kendaraan yang melintas. Tak hanya sering terjadi kecelakaan lalu lintas tapi juga menambah rawan tindak kejahatan.

Menurut dia, sudah seharusnya Pemkot Tangsel menambah pemasangan PJU di sejumlah titik rawan sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan tenang warga atau pengguna jalan yang selalu melintas di ruas jalan tersebut. “Saya yakin jumlahnya puluhan titik lokasi yang masih belum dipasangi lampu penerangan jalan,” ujarnya.

Menanggapi masalah itu, Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangsel, Chairul Saleh didampingi Kepala Seksi Pendataan dan Pemasangan PJU setempat, Wismansyah Musa, mengatakan keluhan dan permintaan masyarakat berkaitan dengan PJU di sejumlah titik jalan utama, protokol dan lingkungan menjadi masukan yang berarti.

“Kami memang belum bisa melihat secara keseulurah jumlah jalan yang seharusnya dipasang PJU tapi usulan dan permintaan warga tentunya akan diusulkan dalam anggaran mendatang jika tak ada dana untuk pemasangan tersebut di tahun mendatang,” ujarnya yang berharap warga hendaknya sabar menunggu pemasangan PJU tersebut.

Mengenai sejumlah jalan utama dan protokol yang berada di kawasan wilayah BSD, Serpong biasanya pihak pengelola BS sudah menyiapkan dan memberikan konpensasi terhadap pemasangan PJU di sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut.
Ditambahkan Wsimansyah Musa, masalah pemasangan PJU yang masuk dalam anggaran tahun 2013 sebetulnya tinggal menunggu instruksi titik mana yang semestinya dan perlu dipasangan PJU. Untuk kawasan Jl. Raya Astek normalnya ada sekitar 100 titik PJU dengan panjang sekitar 3 Km hingga Pasar Jombang, Ciputat.

Namun, imbuhnya, dalam tahun ini baru ada sekitar 60 titik PJU antara lain 30 titik dari arah Polsek Serpong dan 30 titik dari arah Pasar Jombang hingga perbatasan Kali Angke. “Kondisi di lapangan memang sangat gelap dan belum ada PJU sehingga pihaknya memfokuskan pemasangan di kawasan tersebut,” tuturnya.

(anton/sir)

Teks Gbr- Salah satu petugas Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Tangsel saat memperbaiki PJU di Jl. Raya Serpong. (anton)