Saturday, 25 November 2017

12 Terpidana Mati Segera Dieksekusi

Sabtu, 2 Februari 2013 — 5:33 WIB
ilus12

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung Basrief Arief menyatakan 12 orang terpidana mati siap dieksekusi dalam waktu dekat.Namun, Basrief belum dapat menyebutkan nama-nama terpidana mati, dengan alasan etika.

“Yang pasti, mereka segera dieksekusi dan diberitahukan kemudian,” katanya menjawab pertanyaan di Kejaksaan Agung, Jumat.

Menurut Basrief, langkah eksekusi terpidana mati narkoba itu, setelah semua upaya hukum ditempuh, mulai banding, kasasi, PK (Peninjauan Kembali) dan grasi tetapi semuanya tidak mengubah hukuman.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Mahfud Manan, yang mendapingi Jaksa Agung mengungkapkan, mereka adalah bagian dari 111 orang terpidana mati. Dimana 71 orang terpidana mati perkara (dua orang terorisme dan sisanya tindak pidana umum.

TIDAK ADA PENANGKAPAN

Sementara itu, Menkumham Amir Syamsuddin di Kementerian Hukum dan HAM mengemukakan kekhawatiran atas pemberitaan, yang menyebutkan telah terjadi penangkapan narapidana di Lapas Cipinang dan Lapas di Nusakambangan terkait peredaran narkoba.

“Saya tidak membantah kejadian itu tidak benar, namun pola seperti itu menimbulkan informasi yang tidak akurat (yang diterima oleh masyarakat),” kata Amir

Dia lalu menunjuk contoh lain, kasus pemberitaan yang menyatakan Poltabes Surabaya menangkap otak pengendali narkoba yang dipenjara di Lapas.

“Setelah saya cek, tidak ada penangkapan dan orang yang disebutkan itu.”
Sebelumnya, Selasa, dia juga menepis tentang penangkapan tiga WNA dari Lapas Cipinang dan Nusakambangan. Mereka hanya dipinjam oleh Polisi. (ahi)