Monday, 19 November 2018

Jelang Imlek, Buah Naga Diyakini Bawa Keberuntungan

Selasa, 5 Februari 2013 — 0:06 WIB
buah-naga

PERAYAAN Tahun Baru Imlek 2564 masih sepekan lagi. Tetapi, sejumlah petani di buah naga di Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, sudah kebanjiran order. Bahkan, banyak yang datang ke perkebunan untuk memetik buah tersebut.

Para pembeli tidak hanya pedagang dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Karena, banyak pula dari luar pulau, seperti Jambi, Palembang mapun Lampung yang ikut memesan buah naga. Akibatnya pemilik kebun kewalahan menerima pesanan dari pedagang maupun warga.

Buah naga diburu konsumen selain kandungan gizinya yang sangat tinggi, selama ini dipercaya bisa membawa keruntungan. Sehingga, selalu laris manis menjelang datangnya Tahun Baru Imlek.

“Kami kewalahan menerima order pengiriman buah naga, baik dalam kota wilayah Jakarta dan sekitarnya. Juga, ke daerah-daerah,” jelas Suci Purwati, Marketing PT Pratama Samodra Perkasa Farm (PSP).

Menjelang Imlek ini, pengelola perkebunan memberi potongan harga bagi pedagang di wilayah Jakarta yang datang langsung memetik buah di perkebunan PT PSP  Farm di Desa Tapos.

PAKET TANAM

Dengan permintaan buh naga yang terus meningkat, pihak PT PSP Farm juga melayani jasa konsultasi budidaya buah naga. Dengan sistem paket penanaman maupun kerjasama kebun. ”Kami mengajak warga yang mau budidaya siap membantu dan menyiapkan bibit bergaransi 100 persen,” ujar Suci.

Ia juga mengatakan jenis buah naga yang dikembangkan di PSP saat ini adalah jenis buah naga super genjah dan super red. Yang bisa dibuat menjadi buah naga daging super merah, buah naga daging ungu  atau buah naga daging hitam.

“Konsumen tinggal memilih buah naga yang diinginkan. PSP juga menyediakan bibit buah naga kuning dan orange untuk skala terbatas,” jelasnya. (adin/ak)

Teks foto:
Deppi Lestari, Direktur PT PSP tengah panen raya buah naga di Desa Tapos Kecamatan Tigaraksa, Tangerang. (adin)