Monday, 22 July 2019

Sudah 3 Kali Bersihkan DP4

Mendagri Yakin Tidak Akan Ada Pemilih Ganda

Selasa, 5 Februari 2013 — 14:25 WIB
gamawan-fauzi

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku sudah tiga kali membersihkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanggal 7 Februari 2013. Sebab itu, dirinya yakin tidak akan ada data pemilih ganda karena data itu sudah terekam dalam pada E-KTP.

“Waktu pembersihan tersebut kita menemukan ada 776.000 data yang bermasalah, termasuk data ganda, atau jenis kelamin yang berbeda dan lainnya,” papar Gamawan usai membuka Rakornas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tahun 2013 di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan meskipun pihaknya sudah menyerahkan DP4 yang jumlahnya 175.142.000 pemilih pihaknya masih tetap akan melakukan ‘up-date’ (memperbaiki), karena data pemilih tersebut akan terus berubah akibat ada yang pindah, ada yang usianya memasuki usia pemilih 17 tahun, termasuk ada yang meninggal dunia.

Ditambahkannya, pembersihan data DP4 tersebut berakhir tanggal 26 Januari lalu, perbaikan tersebut kita sandingkan sudah dengan data perekaman E-KTP yang jumlahnya 175.142.000 orang yang sudah dibersihkan.

Menurut dia, dengan asumsi pemilih sebanyak kurang lebih 190 juta orang maka kita masih mencari sisanya yang 14 juta pemilih. “Sebanyak 14 juta itu bisa dicari oleh KPU, artinya masyarakat yang belum disidik jari (perekamnan E-KTP) setelah dihitung rata-rata ada 280 orang di setiap kelurahan atau desa di seluruh Indonesia. Kalau memang setelah dicari tidak ditemukan adanya data pemilih lain maka itulah jumlah pemilih kita,” papar dia.

Dikatakan Gamawan, DP4 ini yang akan dijadikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU. Selain itu, KPU nantinya harus antisipasi adanya tambahan pemilih khusus, mereka ini adalah orang-orang yang tidak tahu adanya pendataan pemilih sebelumnya.

(johara/sir)