MNC Grup Bangun Tol Bocimi

Rabu, 6 Februari 2013
yopi-sub

BOGOR (Pos Kota) – Setelah kurang lebih 15 tahun terkatung-katung, warga Jawa Barat khususnya Bogor dan Sukabumi boleh bernafas lega. Pasalnya dalam waktu dekat, MNC Group sebagai pemegang saham mayoritas PT Trans Jabar Toll segera merealisasikan pembangunan tol Ciawi-Sukabumi.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan percepatan pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi yang dihadiri CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Bupati Bogor Rachmat Yasin di Hotel Santika, Kota Bogor, Selasa (5/2) malam.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan Pemprov Jabar, Pemkab Bogor dan Pemkot Bogor. Dan dengan pengalaman kami dalam investasi dan pembangunan infrastruktur selama ini akan mampu menjawab tantangan untuk percepatan pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi dan secara langsung juga akan membantu pula percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitar yang jalan tol ini,” ujar Hary Tanoe dalam sambutan yang dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Jabar, Pemkab, Pemkot Bogor dan sejumlah kepala desa yang dilintasi jalan tol Ciawi-Sukabumi.

Lebih lanjut Hary menjelaskan jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan bagian dari pengembangan kawasan Jawa Barat bagian selatan dan tahap pertama jaringan tol Bogor atau Ciawi-Sukabumi-Ciranjang-Padalarang.  “Pembangunan ini memiliki tujuan memudahkan aksesibilitas dalam meningkatkan lalu lintas antar wilayah dan sangat penting peranannya dalam menunjang pertumbuhan suatu wilayah,” katanya.

Ia menambahkan panjang jalan tol Ciawi-Sukabumi ini akan dibangun sepanjang 54 kilometer, yang terbagi dalam empat seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong (15 KM), seksi II Cigombong-Cibadak (12 KM), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (14 KM), seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 KM).
“Percepatan pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi ini sebagai bentuk tanggung jawab MNC Group yang sudah mengambil alih sebagian besar saham investor sebelumnya,” katanya.

Menurutnya total investasi untuk proyek pembangunan jalan tol ini mencapai Rp7,8 triliun.
“Kita berharap dengan terealisasikannya Jalan Ciawi-Sukabumi yang terkenal sebagai jalan paling macet di pulau Jawa ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” paparnya.

Hary mengakui rencana pembangunan jalan tol ini sudah terkatung-katung sejak 1997. “Yang jelas proyek ini akan menguntungkan semua pihak. Proyek tol ini merupakan investasi dan konsesinya jangka panjang. Ini bukan bisnis hit and run,” katanya.
Seperti yang sudah dilakukan MNC Infratama yang juga mengambil alih proyek jalan tol Kanci-Penjagan. “Selain itu, kita juga akan mengembangan bisnis rekreasi seperti Disney Land, tapi ini bukan Disney Land. Taman rekreasi ini akan dibangun di kawasan Lido dengan luas 1136 hektar. Rencana taman rekreasi itu akan dikembangkan sebagai kawasan wisata terpadu, golf, hotel, permainan anak-anak, remaja, waterpark, universal studio dan banyak lagi wahana wisata lainnya,” katanya.

Pihaknya berharap proyek ini juga diharapkan dapat menarik turis maupun investor asing. “Sehingga nantinya bagi orang yang memiliki uang banyak tidak lagi mencari hiburan ke luar negeri, cukup datang ke sini,” ungkapnya.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan jalan tol ini sangat diharapkan dan ditunggu-tunggu 9 juta penduduk Kota/Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

“Jalan ini adalah sebagai jalur pergerakan utama warga Bogor- Sukabumi-Cianjur-Bandung. Dimana dulunya jalur ini terkenal sebagai jalur neraka, selain karena macetnya banyaknya korban kecelakaan,” tuturnya.
Sebab menurutnya, pengembangan akses jalan Ciawi-Sukabumi yang sudah ada sudah tidak bisa dilakukan. “Maka solusinya adalah jalan tol yang memiliki manfaat besar untuk ekonomi di Jawa Barat, khususnya di wilayah Selatan,” kata Aher begitu biasa disapa Ahmad Heryawan.

Pihaknya menyambut baik adanya perubahan susunan pemegang saham PT Trans Jabar Toll dengan masuknya MNC sebagai pemegang saham mayoritas PT Trans Jabar Toll sebagai BUMD. Gubernur menginstruksikan kepada para pemegang saham untuk dapat segera menyelesaikan pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jawa Barat.

“Terlebih dengan keikutsertaan MNC Group dalam pengusahaan jalan Tol Ciawi-Sukabumi, saya harap dengan progres pengadaan tanah saat ini sudah mencapai 40 persen, dapat segera selesai dan dapat memulai pembangunan fisik sebelum akhir tahun 2013 ini,” paparnya.

(yopi/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.