Sunday, 23 September 2018

Meriah, Perayaan Tahun Baru Imlek di Karawang

Minggu, 10 Februari 2013 — 18:37 WIB
Imlek di Karawang

KARAWANG (Pos Kota) – Warga keturunan Tionghoa di Karawang merayakan puncak Tahun Baru Imlek 2564, Minggu (10/2/2013) pukul 00.00 WIB dengan pesta kembang api.

Di  Vihara Tho Soe Kong di Jalan Tuparev Karawang, sejak Sabtu malam, vihara ini ramai dikunjungi warga keturunan Tionghoa yang akan beribadah sembahyang menyambut tahun baru Imlek, ditambah dengan adanya atraksi baronsay yang sempat membuat kepadatan arus di jalur dari arah Johar menuju Kota Karawang.

Perayaan Imlek di Kabupaten Karawang dipusatkan di empat klenteng, tiga klenteng diantaranya berada di Karawang Kota, yaitu Kwen Tee Koen, Cow Suo Kong dan Siang Jin Kupoh, sedangkan satu klenteng lagi di luar kota yaitu Sia Jin Kong di Rengasdengklok.

“Keempat Klenteng itu menjadi pusat perayaan Imlek 2564. seluruh warga Tionghoa yang tersebar di sejumlah daerah di Karawang berkumpul bersama mengikuti persembahyangan,” kata Dendy Ananda, Ketua Penggerak Etnis Tionghoa Karawang.

Selama menyambut Tahun Baru Imlek, warga keturunan Tionghoa telah melaksanakan tradisi sembahyang mulai Sabtu petang hingga tengah malam, karena itu merupakan sembahyang yang wajib dilakukan setiap warga Tionghoa jelang malam pergantian tahun baru China atau Imlek, mereka menyampaikan doa dan keinginan agar tahun baru ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Jelang malam Implek Kota Karawang dan sekitarnya diguyur hujan, tetapi tidak lama. Walaupun demikian pesta perayaan ini meriah. (nourkinan/d)

foto : Atraksi Barongsay perayaan Implek di Karawang. (nourkinan