Sunday, 22 July 2018

KPU Tolak PKPI Jadi Peserta Pemilu

Senin, 11 Februari 2013 — 19:55 WIB
sutokpu112

JAKARTA (Pos Kota)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menolak keputusan Bawaslu tentang meloloskan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI).

Berdasarkan UU Pemilu Tahun 2012 Nomor 8 pasal 259 ayat 1, diterangkan keputusan Bawaslu itu terlahir dan mengikat. Kecuali keputusan berkaitan dengan verifikasi peserta pemilu dan Daftar Calon Tetap anggota DPR/DPRD. Atas ayat tersebut, KPU menyimpulkan dan sepakati putusan Bawaslu tidak terlahir dan mengikat.

“Dalam diskusi, kami fokus mendiskusikan apakah putusan Bawaslu dalam kaitannya dengan penyelesainnya dengan sengketa pemilu apakah putusan terakhir dan mengikat atau tidak?” Kata Ketua Husni Kamil Manik di ruang Media Center KPU, Jakarta, Senin petang (11/2) kemarin.

Kata Manik, pada pasal 259 (1) itu tidak disebutkan bahwa KPU boleh melakukan banding terhadap putusan Bawaslu. Karena dalam pengertian sengketa pemilu merupakan sengketa KPU dan Parpol yang tidak lolos verifikasi sebagai akibat penetapan peserta pemilu yang diatur Pasal 268 ayat 2 huruf a UU Pemilu 2002.

“Kami memiliki pemahaman bahwa dengan tidak dilaksanakannya putusan Bawaslu. Pihak-pihak yang merasa dirugikan atas keputusan itu, bisa menempuh ke PTTUN,” katanya. (rizal)