Wednesday, 22 May 2019

Panwaslu Kota Bekasi Temukan Kelebihan Surat Suara Pilgub Jabar

Senin, 11 Februari 2013 — 13:33 WIB
kotak-sub

BEKASI (Pos Kota) – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bekasi, Yayah Nahdiyah,  menemukan kelebihan surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat sebanyak 85 lembar, saat mengawasi distribusi surat suara tahap kedua.

Kelebihan surat suara tersebut terdapat pada kardus kecil tertulis 517 lembar, ternyata  setelah diperiksa berisi 602 surat suara.

Dengan demikian, jumlah lembar kertas suara pada kardus tersebut lebih 85 lembar. Jika hal ini dimaksudkan sebagai kertas suara cadangan untuk pengganti yang rusak, hal tersebut sama sekali tidak dibenarkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

yayah

Sekarang, kata Yayah, kardus beserta isinya telah dikembalikan ke percetakan dan sudah surat suara diganti pada pengiriman tahap ke-3. Dijelaskannya, total surat suara Pilgub Jawa Barat yang sudah diterima KPU setempat sebanyak 1.672.517 (DPT + 2,5 persen). Suara tersebut terdapat pada 836 kardus dengan isi per kardus sebanyak 2 ribu lembar suara, sedangkan kardus kecil berisi 517 surat suara.

“Temuan tersebut segera dilaporkan ke Panwaslu dan KPU Jawa Barat untuk segera menindaklanjutinya,” jelas Yayah kepada wartawan.

Sebagai mana diketahui, Panwaslu Kota Bekasi mengerahkan seluruh personel untuk mengawasi penyelanggaraan  kampanye Cagub dan Cawagub Jawa Barat sejak 7 Pebruari lalu, termasuk mengawasi pendistribusian logistik pilgub. “Semua panwascam dan petugas lapangan dikerahkan untuk penyelenggaraan pilgub,” tegas Yayah.

(syamsir)