Saturday, 17 November 2018

Ratusan Warga Sukabumi Keracunan Makanan di Pesta Nikah

Senin, 11 Februari 2013 — 17:13 WIB
racunwsuk112

SUKABUMI (Pos Kota) – Ratusan warga Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi keracunan massal usai menyantap makanan di sebuah acara pernikahan. Bahkan, 15 warga dirawat di Puskesmas Bantargadung dan 19 lainnya dilarikan ke RSUD Palabuhanratu karena kondisi tubuhnya lemah. Umumnya, warga mengalami gejala mual-mual disertai pusing.

Berdasarkan data dinas kesehatan (dinkes) setempat ada 242 warga diduga keracunan makanan, 15 orang dirawat intensif di Puskesmas Bantargadung, 19 orang dilarikan ke RSUD Palabuhanratu.

Peristiwa ini terjadi usai warga menyantap makanan dari acara pernikahan salah seorang warga di Kampung Cibeurem RT 06 RW 05, Desa/Kecamatan Bantargadung. Gejala keracunan mulai terasa oleh warga sejak Minggu malam. Mayoritas warga mengeluh pusing dan mual serta pandangan menjadi gelap.

“Kami terus mendata warga yang diduga keracunan. Kami juga sudah melakukan observasi di lokasi keracunan dengan mengambil sample makanan dari acara pernikahan tersebut,” kata Kepala Seksi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit Dinkes Kabupaten Sukabumi, Sri Yasti.

Dinkes, terang Sri, telah berkoordinasi dengan beberapa puskesmas terdekat dengan kecamatan tersebut seperti Puskesmas Gunungguruh, Warungkiara dan Palabuhanratu untuk mengirim ambulan dan tenaga medis.

“Mayoritas semua warga sudah berangasur-angsur pulih. Untuk memastikan jenis makanan baru diketahui hasil lab dari Bandung,” ujarnya.

Kasus keracunan massal ini masih dalam penyelidikan kepolisian setempat. Petugas juga terus memintai keterangan sejumlah saksi. (sule)

Ilustrasi