Saturday, 23 March 2019

Pasca-Mahasiswa UI tewas

Sopir Angkot Khawatir Penumpang Sepi

Senin, 11 Februari 2013 — 22:50 WIB
jamangkot112

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Sopir angkot khawatir penumpang semakin sepi pasca-kejadian Annisa Azwar, 20, tewas setelah melompat daro angkot karena takut jadi korban kejahatan. Pasalnya sepinya penumpang pernah dialaminya beberapa waktu lalu saat maraknya aksi kejahatan di angkot.

“Kami cuma memikirkan uang setoran karena kalau habis kejadian seperti ini penumpang langsung sepi dan turun drastis,” kata Subhan, 35, salah seorang sopir Angkutan Kota (angkot) U 10 jurusan Kali Pasir – Sunter, Senin (11/2).

Dikatakan Subhan, kasus seperti itu bukanlah yang pertama kalinya. “Waktu itu saja guna mengembalikan kepercayaan masyarakat agar kembali naik angkot lumayan lama, eh sekarang malah muncul lagi,” tuturnya.

SUKA BERCANDA

Menurut Subhan, bahwa yang dilakukan oleh rekannya Jamal, 37, bisa dikatakan bukan tindak kriminal. Karena menurut beberapa teman sesama sopir yang menemui Jamal, kala itu dia (Jamal) hanya bercanda. Tidak ada niatan membuat mahasiswi semester IV Fakultas Ilmu Keperawatan UI itu ketakutan.

“Kalau kata teman-teman saya, dia (Jamal) awalnya cuma ngeledek doang. Karena saya tahu dia memang senang bercanda. Kalau dia mau jahat, mana mungkin dia mau mengantarkan korban ke rumah sakit,” ujarnya.

Namun, akibat candaan yang dilakukan Jamal, Subhan menilai kalau dirinya dan teman-teman sesama sopir mendapatkan imbasnya. Dimana menurutnya, di hari Senin (11/2) pendapatannya sudah berkurang dan cukup berbeda dari hari sebelumnya.

TIDAK BERSERAGAM
Berdasarkan pantauan Pos Kota, dari banyak angkot yang berseliweran di Jakarta Utara masih banyak sopir tidak menggunakan seragam. Tak hanya itu, tanda pengenal yang ada di mobil juga tampak berbeda dengan pengemudinya.

Imam, 31, salah satu sopir angkot mengaku kalau sebenarnya seragamnya ada namun tidak digunakan dengan alasan panas. Iapun mengaku seragam tersebut baru akan digunakan bila ada razia. “Hawanya panas makanya seragamnya ditaruh saja, nanti juga saya pakai,” ujarnya. (Ifand)

Teks : Jamal jadi tersangka karena penumpangnyu tewas setelah lompat dari angkutan kota yang dikemudikannya