Wednesday, 22 May 2019

Kurikulum 2013 Disosilisasikan ke 77 Kepsek SMK

Selasa, 12 Februari 2013 — 0:03 WIB
sosiasmk112

CILINCING (Pos Kota) – Kurikulum 2013 dipastikan diterapkan Juli mendatang. Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang merupakan syarat kelulusan akan lebih difokuskan diajarkan di kelas 10. Untuk itu, sosilisasi diberikan kepada 76 kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jakarta Utara.

“Atas perubahan kurikulum, sosialisasi kami lakukan dengan mengumpulkan 76 kepala sekolah negeri dan swasta, 76 wakil kurikulum SMKN dan swasta didampingi pengawas paket dan kasie SMK Sudin Dikmen Jakarta Utara,” kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Penengah (Sudin Dikmen) Jakarta, Andri Kunarso.

Dikatakan Andri, dengan menghadirkan pembicara Dr. Agung Budi Santoso, Kasubdib Pembelajaran SKM Kemendikbud RI, sosialisasi dilakukan untuk penyamaan materi atas kurikulum 2013 ini. “Kami harus bekerja cepat karena bulan Juli besok kurikulum baru akan segera dilaksanakan,” tuturnya.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kejuruan (K3SK) Jakarta Utara, Kastolani, mengaku perubahan kurikulum sesuai dengan jamannya. Dimana menurutnya, tahun 2013 ujian untuk tiga mata pelajaran tersebut sebagai syarat kelulusan di tahun kedua.

Menurutnya,siswa kelas dua yang kala itu sibuk mengikuti mata pelajaran Praktek Kerja Lapangan (PKL), menjadi sedikit ketinggalan pelajaran. Namun ditahun 2013 ini dengan menerapkan kurikulum baru, siswa tak perlu takut lagi akan hal tersebut. Pasalnya, untuk mata pelajaran keahlian itu, akan difokuskan di kelas 3. “Hal ini menguntungkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran,” ungkapnya. (Ifand)

Teks : Puluhan kepala SMK di Jakarta Utara tampak khidmat mendengarkan sosialisasi kurikulum tahun ajaran 2013 yang disampaikan Dr. Agung Budi Santoso, dari Kasubdib Pembelajaran SKM Kemendikbud RI.

  • Mohamad Ali

    untuk memperpendek jarak, baiknya petunjuk teknis penerapan kurikulum dibagikan ke setiap sekolah dan disediakan ruang tanya jawab secara online