Wednesday, 22 May 2019

Macet Depan KIR Cakung Semakin Menggila

Selasa, 12 Februari 2013 — 8:36 WIB
Kemacetan-di-jaln-Raya-Cilidug

CAKUNG (Pos Kota) – Layanan drive thru di Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Ujungmenteng, Cakung, kini overload. Satu lajur yang ada sudah kewalahan, tidak bisa menampung sekitar 500 unit kendaraan yang akan melakukan uji.

Kepala Seksie (Kasie) Pelayanan Pusat Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Lukman Iskandar, mengatakan ibaratnya di jalan tol, antrean kendaraan yang akan uji kir sudah terjadi. “Kami butuh pembukaan lajur lagi,” katanya, kemarin (11/2).

Disebutkan, keterbatasan lajur ini menjadikan antrean terjadi. Sehingga selebihnya masih mengggunakan lajur manual dan dilayani petugas. Banyak pengunjung yang memilih mengurus melalui drive thru meski harus antre. “Maret mendatang semoga bisa dibuka lagi untuk kendaraan besar,” katanya.

Akibatnya Jalan Raya Bekasi jadi macet, terutama pada hari Sabtu baik yang datang dari arah Harapan Indah atau sebaliknya yang datang dari arah Pulogebang. “Macetnya luar biasa hanya jarak 3 kilo meter ditempu 30 menit. Penyebabnya banyak truk yang mau uji KIR parkir di jalanan. Polisi atau petugas Dishub tidak ada yang ngatur,”jelas Suryana warga Ujung Menteng, Jakarta Timur.

Layanan drive thru ini juga sangat membantu kinerja petugas kir di lapangan. Sebab menggunakan sistem komputer, sehingga prosesnya lebih cepat jika dibanding dengan sistem manual.

20 MENIT
Maksud layanan drive thru si pengemudi tidak harus turun dari kendaraannya selama proses pengujian kendaraan berlangsung. Asal persyaratan lengkap maka hanya akan dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Setiap hari jumlah layanan ini tidak sama, namun bisa mencapai 500 unit. Jalur layanan ini hanya berkapasitas 70 kendaraan, maka antrean tidak bisa dihindarkan. “Atau kalau tidak kita mengharapkan bisa dibuka layanan di tempat lain,” katanya.

Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Aryadi, mengatakan dalam penertiban angkutan umum di lapangan kebanyakan ditemukan masa berlaku uji kir yang habis. “Kalau razia angkutan umum, maka dokumen angkutan yang kita periksa. Kalau ada masalah maka kita kandangin,” katanya. (chotim/st)

Foto Ilustrasi

  • fadli

    tolol ga becus ngatur jadi bikin jalan macet parah