Senin, 05 Desember 2016

Mundurnya Paus, Pertama Sejak 600 Tahun

Selasa, 12 Februari 2013 — 12:58 WIB
Paus Benediktus XVI-n

LONDON  — Mundurnya Paus Benediktus XVI menandai peristiwa pertama kalinya seorang Paus mengundurkan diri selama hampir 600 tahun terakhir.

Pope Benedict XVI is helped by assistants as he leads the Chrismal mass in Saint Peter's Basilica at the Vatican

Paus Bediktus XVI mengejutkan dunia dengan keputusannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya yang disampaikan hari (Senin 11/2).

Paus Benediktus XVI mengejutkan pertemuan tingkat tinggi gereja di Vatikan dengan pengumumannya. Menurut teks yang diterbitkan kemudian, dalam pertemuan itu ia menyampaikan bahwa ia yakin “dalam keadaan sekarang ini” seorang paus harus cukup kuat untuk menyuarakan pendapatnya dan terlibat dalam berbagai aktivitas, dan bahwa kesehatannya sendiri “telah memburuk” dalam beberapa bulan terakhir.

Paus, yang kini berusia 85 tahun itu, mengatakan ia harus mengakui ketidakmampuannya untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Dia mengatakan bahwa karena usianya yang telah lanjut, kekuatannya tidak cukup unutuk melakukan pekerjaan sebagai paus. Dia mengatakan,  doa dan penderitaan juga merupakan bagian dari tugas seorang paus, tetapi hal itu saja tidak cukup.

Pendahulunya, Paus Yohanes-Paulus II, wafat pada usia 85 tahun tahun 2005, setelah beberapa tahun di mana kelemahan fisiknya membatasi kegiatannya.

Paus yang sekarang ini tampaknya ingin menghindari hal itu, dan juga mengirim pesan kepada penerusnya tentang tuntutan kepausan modern, yang mengharuskannya mengadakan lawatan keliling dunia dan pertemuan hampir setiap hari dengan para pejabat dan peziarah dari seluruh dunia.

Penampilan publik terbaru Paus Benediktus pada hari Minggu, ketika ia menyampaikan pidatonya di depan massa di Lapangan Santo Petrus pada kesempatan Tahun Baru Imlek. Dia berbicara tentang apa yang ia sebut “nilai-nilai universal” perdamaian, keharmonisan dan rasa syukur pada Tuhan, yang seperti dikatakan paus sebagai “hal yang diinginkan oleh semua orang untuk membangun keluarga mereka, masyarakat dan negara mereka” Paus mendoakan mereka yang merayakan Imlek “kehidupan yang bahagia dan sejahtera.”

Paus Benediktus dilahirkan dengan nama Joseph Ratzinger pada tahun 1927 di kota Passau, Jerman. Ia menjadi kardinal dan Uskup Agung Munich pada tahun 1977. Dikenal dengan pandangan teologisnya yang konservatif, ia menjadi penasehat Paus Yohanes Paulus II lima tahun kemudian, dan diangkat setelah wafatnya Paus Yohanes Paulus pada tahun 2005.

Vatikan mengatakan pengunduran diri paus yang mengejutkan itu akan memicu serangkaian kegiatan yang berpuncak bulan depan dalam pertemuan kardinal Katolik sedunia. Seorang juru bicara mengatakan pihak yang berwenang berharap paus yang baru sudah terpilih pada saat Paskah, yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret. (VoAnews/d)

Terbaru

Sejumlah rombongan dari organisasi kesehatan dunia seperti GAVI, WHO dan Unicef bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai melihat pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Perigi, Pondok Aren. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:09 WIB
Tim WHO dan GAVI Tinjau Puskesmas Perigi Tangsel
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Ketua DPRD setempat u M. Romlie dan wakil ketua DPRD setempat usai pengesahan Raperda APBD tahun 2017. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:04 WIB
Disahkan DPRD
APBD Tangsel Tahun 2017 Rp 3,2 Triliun
2NE1. (ist)
Senin, 5/12/2016 — 11:03 WIB
Mantan Personel 2NE1 Coba Move On
Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo. (reuters))
Senin, 5/12/2016 — 11:00 WIB
Wakil Presiden Filipina Lepas Satu Jabatan
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Rumah Lembang.(ikbal)
Senin, 5/12/2016 — 10:46 WIB
Ahok Sebut Pejabat Terkutuk Jika Langgar Sumpah