Bekasi dalam Sorotan Media Jerman

Senin, 18 Februari 2013 — 5:05 WIB
Religi Simbolik-n

BONNĀ  – Bekasi menjadi kawasan yang paling getol memberangus kebebasan beribadah warga minoritas. Demikian sorotan Deutsche Welle, situs media resmi pemerintah Jerman.

Pemerintah kota bahkan berani melanggar Undang-undang Dasar cuma sekedar untuk memuaskan segelintir masyarakat yang intoleran, sorotnya.

Bekasi adalah miniatur padat situasi kerukunan beragama di Indonesia saat ini. Penyegelan ilegal terhadap gereja dan pemberangusan hak minoritas untuk menjalankan ibadah adalah indikasi serius, betapa pemerintah takluk terhadap suara-suara fundamental di masyarakat.

Larangan menyelenggarakan ibadah terhadap jemaah Ahmadiyah di Jatibening misalnya menunjukkan, hukum tidak pernah menjadi landasan utama keputusan pemerintah. Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang dijadikan landasan pemerintah kota, tidak melarang kegiatan beragama secara per se, melainkan larangan terhadap penyebaran faham dan ajaran. Namun pemerintah Bekasi secara sepihak menafsirkan larangan tersebut terhadap semua bentuk kegiatan jemaah Ahmadiyah.

Bahwa larangan itu juga berarti melanggar kebebasan berkumpul dan beribadah sesuai yang tertera dalam Undang-undang Dasar, seakan tidak menjadi masalah buat pemerintah kota.

Bekasi sekali lagi adalah contoh terbaik, bagaimana ketidakmampuan pemerintah untuk memahami azas-azas negara hukum dan prinsip netralitas yang diembannya, bisa berujung pada ketidakadilan bagi sekelompok orang.

Contoh lainnya adalah sikap pemerintah kota yang mengabaikan perintah pengadilan dan tetap menyegel gereja HKBP Filadelfia. Kasus ini bahkan lebih menyedihkan, karena pemerintah dan kepolisian terlihat lebih gigih melarang jemaah gereja menjalankan ibadah, ketimbang menindak masyarakat setempat yang melakukan ancaman pembunuhan di muka umum, lemparan telur busuk dan air comberan atau gangguan-gangguan lainnya.

Ketika hukum berlaku sebatas memenuhi kepentingan sekelompok masyarakat, ketika pemerintah menggunakan kekuasaannya untuk mengingkari eksistensi kelompok minoritas, maka Indonesia boleh meratapi kebebasan semu yang selama ini kita agungkan. Demikian tajuk Deutsche Welle. (dw/d)

  • http://www.facebook.com/people/Ari-Oke/1655335119 Ari Oke

    islam tidak membunuh. di jerman lebih biadab waktu perang dunia ke 2 dengan rezim nazi nya genosida warga yahudi. warga yahudi di kumpulkan di camp consentrasi di bunuh dengan gas beracun ribuan nyawa mati !!

    • Rio

      Betul. Tidak membunuh. Hanya menusuk jemaah yang lagi ke gereja

      • ari

        di poso muslim di bantai ama laskar merah…. di irak di afghanistan di serang amerika

        • andi yoohan

          di indonesia pada ngerakit bom untuk bunuhin saudaranya sendiri. apa itu gak GOBLOK namanya. keturunan si mamad.

          • gue

            ngomong apa lu ndi. teroris dlm islam haram.agama lu kristen di ambon dan di poso membantai umat islam.tapi akhirnya dipukul balik..agamu lu yg otak goblok, masa tuhan ada 3.manusia dianggap tuhan.otak lu dan teman2 lu yang goblok

          • tailo

            ga dimana ga dimana kalau muslim itu memang TERORIS !!!!

          • Idhu Geni

            MANE NIH FPI……MUNCUL LU…ADA NYANG GEBILANGIN MUSLIM TERORIS LU DIEM AJE…??? APA SUDAH IKUTAN “KESELEK” DAGING YAK….?? IHIKS…IHIKS…

          • anti teroris

            keselek babi… jadi mati haram ha3

          • andi yoohan

            agama mah gak goblok, si mamad juga gak goblok, cuma pengikutnya yg goblok. ngebunuh sodara sendiri kok upahnya sorga, (aneh…) di negara sendiri lagi.
            benci sama negara barat, lu ngebom disana, (kalo berani) jangan ngebom di negara sendiri.
            APA BUKAN GOBLOK ITU NAMANYA?????

    • andi yoohan

      itu mah masa lalu, dalam kondisi perang. Sekarang jaman ud modern rakyat kita (TKI ) di pancung, diperkosa, oleh onta arab, lu diem aja!!!
      malah di aceh ikut ikutan begituan lagi.
      CAPEE DEEH!!!!

      • anti teroris

        maklum kan undang2 selangkangan… kerjanya urusin selangkangan doank

        • jusjesus

          malum kan ngeliat dari pemaen pelm BF yg agamanya mayoritas kristen

  • http://www.facebook.com/joshuamoelyono Joshu Moelyono

    usahakan kemakmuran,kedamaian dan kesejahteraan kotamu dimana engkau bertempat tinggal.

  • editorasu

    orang beragama semuanya goblok mau aja dikibulin sama buku dongeng, koplakkkk semua mau aja disuruh bunuh2an atas nama agama belom lagi ditambah pendeta dan ustad cabul pada mampus aja lo semua

  • anti teroris

    ajaran agama ga beres ngajarin bunuh… malah di dukung pemerintah… kumpulan sampah semua. secara pemerintah seagama… diriin mesjid tanpa ijin ga di bongkar, bangun gereja sudah ada ijin ada segelintir ga setuju langsung di bongkar. Bekasi banyak sampahnya…

  • Dedi Arifin

    Aahh..damn hipocrit media..di jerman sendiri muslim tidak sebebas orang kristen di Indonesia dalam beribadah…lihat patung yesus, salib banyak di indonesia jumalh gereja bertambah cepat…di jerman banyak muslim/muslimah diserang secara phisik di tempat umum..jumlah mesjid juga tidak sebanyak gereja di sini….dasar media barat tukang tipu….

    • Idhu Geni

      JERMAN SEBERAPA LUASNYA DED…INDONESIA BERAPA KALI JERMAN LUASNYA…JANGAN SOTOY….

    • anti teroris

      gereja sering dimasalahin sm orank islam meskipun ada ijin… tp kl orank islam seenaknya bangun mesjid tanpa ijin… kenyataan… di negara asing islam minoritas tp mo berkuasa makanya negara asing jadi dendam… yang akhirnya kebanyakan umatnya malah jadi teroris demi usaha berkuasa di negara asing

  • Romeo

    dinegara -negara dimana islam jadi minoritas dan ditindas mereka diam aja, dasar media asing kaya tai anjing semuanya!, kerjaanya mau bikin keruh suasana negara orang. jangan-2 kerjaanya mata-mata Amerika yg memang punya misi menghancurkan negara-negara yg mayoritasnya islam. seperti Libia, Libanon, Suriah, irak aja udah ancur sekarang jadi negara tidak aman. Dasar kelompok kafir otaknya binatang

    • http://www.facebook.com/syiekhsitijenar Syiekh Siti

      jadi Islam gaK LEBIH BAIK DARI YANG GAK PERCAYA ISLAM (YANG DIBILANG ISLAM KAFIR), kalo gitu utk apa repot sembahyang lima waktu ikut semua aturan sunnah rasul dan tetek bengek lainya..tetapi menempatkan diri ditengah keberagaman saja tidak sanggup..AGAMA cuma jadi Simbol saja tp ummatnya gak ada yang bener

    • http://www.facebook.com/panjianom1 Panjianom Moch

      dajjal sudah datang bermata satu memandang satu arah yang ikut dajjal masuk surganya dan yang menentang masuk nerakanya dajjal !

  • gue

    ssss

  • http://www.facebook.com/zafar.khudori Zafar Khudori

    Asw Sdr2. Bukan hanya sebagian masyarakat biasa yang lupa bahwa kita hidup di negara berdasarkan Pancasila & UUD 45 (+ 2 pilar kebangsaan lainnya) bahkan sebagian [oknum] pejabat Pemerintah juga sering lupa, terpaksa lupa atau sengaja lupa. Sehingga dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara acapkali melanggar hak sesama anak bangsa,

    • andi yoohan

      betul itu bang zafar!!!!
      aye setuju banget.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100004784165197 Setyo Widodo

    Untuk bisa masuk berita internasional, Bekasi sudah berhasil walaupun melalui berita yang tercela. Kasihan Bekasi.

  • Doel Bodag

    Harusnya Poskota gak perlu menyadur tajuk dari Media Jerman, yang jelas2 merugikan Islam. Kenapa semua Media di Indonesia, TV, koran dan pemberitaan lain sengaja membenturkan antar umat beragama. Seharusnya media bisa meredam dengan tidak perlu memberitakan berita dari luar negeri.

  • hajimuhidinduakali

    betul betull….patung yg diam saja dirobohkan..bekasi memang sarang penyamun

  • Anti Intoleransi

    Apakah Jerman toleran terhadap Umat Islam Jerman yang berjumlah 3.5 Juta jiwa?

    Fakta Di Jerman :

    1. Idul Fitri dan Idul Adha bukan hari libur nasional atau lokal.

    2. Pendirian masjid dipersulit oleh pemerintah jerman atau pemerintah kota.

    3. Membiarkan kartun penghinaan Nabi Muhammad diterbitkan tetapi melarang kartun penghinaan terhadap Yahudi.

    4. Kekerasan terhadap Umat Islam di sana.

    5. suara Azan dilarang.

    Jadi kenapa media di Jerman meributkan hal di Indonesia yang Muslimnya mayoritas sedangkan mereka juga tidak toleran terhadap Islam yang minoritas di sana?

  • jusjesus

    beberapa thn lalu dibekasi sempet ada sengketa masalah agama kristen(HKBP) .. mo tau mslhnya??!! dulu dikawasan tsb rukun antar umat, penduduk asli pun ada yg meluk agama nasrani & slain nasrani & ga ada mslh, mslh datang saat makin kesininya jemaat yg dtg pd saat event dari hkbp tsb mulai dgn miras, pesta babi.. dari awal warga setempat ga mslh utk ibadat hkbp tsb slama saling menghormati.. pdhal disana pun ada org medan/batak, tapi makin kesininya.. maka lahirlah bentrok yg diPondok Timur Indah yg akirnya berujung mslh pendirian tpt ibadah……

    Dikampung makasar dulu sempat bentrok antar warga dgn mahasiswa universitas teologi injil… mo tau asal muasal bentroknya kenapa??!! itu kampus isinya lbh banyak org perantau indonesia timur, awalnya warga ga mslh dgn mereka.. tapi gimana seandainya anda sbg warga sana yg dari turun temurun tapi mendpt perlakuan tdk menyenangkan.. contohnya
    1. gmn adik/kk/ibu anda digoda didepan mata anda oleh anak2 kampus tsb
    2. tangan mereka suka usil(maling sendal,sepatu)
    3. ada org tua sedang ngobrol2 mereka lewat sambil geber2 suara motor….
    dari contoh kondisi diatas.. lahirlah bentrok tsb yg sebenarnya asal muasal bukan dari agama.. tapi kenapa di expose ke media selalu islam Vs Kristen…??

    *Dpt info dari kondisi dilapangan lebih real daripd info yg sudah diterbitkan dari media *

Terbaru
Terpopuler
Jumat, 29 Mei 2015 — 15:01 WIB
Jabar
Jumat, 29 Mei 2015 — 14:48 WIB
Peristiwa
Jumat, 29 Mei 2015 — 14:38 WIB
Meja Hijau
Jumat, 29 Mei 2015 — 14:32 WIB
Depok
Jumat, 29 Mei 2015 — 14:24 WIB
Hankam
Jumat, 29 Mei 2015 — 12:45 WIB
Narkoba
Jumat, 29 Mei 2015 — 12:39 WIB
Peristiwa
Jumat, 29 Mei 2015 — 11:37 WIB
Bola
Jumat, 29 Mei 2015 — 11:33 WIB
Peristiwa
Jumat, 29 Mei 2015 — 11:28 WIB
Agama