Saturday, 17 November 2018

Papua Nugini Segera Ekstradisi Joko S Tjandra

Jumat, 22 Februari 2013 — 14:51 WIB
joko s.tjandra

JAKARTA (Pos Kota) – Ekstradisi Wakil Dirut PT Era Giat Prima Joko Sugiarto Tjandra oleh Pemerintah Papua Nugini ke Indonesia segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita sedang agendakan soal pembahasan (pemulangan) ekstradisi Joko dengan Pemerintah Papua. Apakah diadakan di sana atau di sini,” kata Ketua Tim Pemburu Koruptor Darmono di Kejaksaan Agung, Jumat.

Namun, ketika ditanya wartawan, Darmono yang juga Wakil Jaksa Agung belum dapat menentukan kepastian waktu, tapi yang jelas tidak lama ekstradisinya.”Tentu, kita harus persiapkan persyaratannya.”

Menurut Darmono, salah satu syarat itu pembatalan status warga negaranya Joko, yang memegang paspor Papua Nugini. Pemerintah setempat sedang menyusun tim untuk agenda tersebut.

Joko S Tjandra yang juga dikenal sebagai Raja Properti melalui bendera Mulia Group telah dimasukan dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) alias buron, setelah kabur satu hari setelah putusan PK (Peninjauan Kembali) Mahkamah Agung tentang kasus Cessie Bank Bali sebesar Rp546 miliarĀ  keluar,

Putusan PK itu berisi menerima permohonan PK M Jasman Pandjaitan dan menghukum dua tahun penjara bersama mantan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin. Syahril menerima putusan tersebut dan kini telah menjalani pidana di Lapas Cipinang.
Sebaliknya, Joko kabur dengan pesawat charter yang diduga milik anggota petinggi penegak hukum ke Port Moresby, Papua Nugini melalui Lanud Halim Perdana Kusumah.

Ditengah upaya pengejaran pria turunan ini, Kejagung telah menyita barang bukti Rp546 miliar di Bank Permata dan telah disetor ke negara.

(ahi/sir)

  • AKP. P.SITORUS

    knp petinggi penegak hukum tidak diusut yang melarikan joko;;;;