Sabtu, 23 Februari 2013 18:38:51 WIB

Arab Saudi Bangun Gedung Tertinggi di Dunia

Kingdom Tower-Jeddah-n

JEDDAH – Arab Saudi Bangun Gedung Tertinggi di Dunia. Pembangunan Kingdom Tower dimulai akhir tahun.

Kingdom-Tower-Jeddah-330

Perusahaan yang membangun gedung pencakar langit Shard di London terpilih untuk membangun menara di Arab Saudi yang direncanakan akan menjadi yang tertinggi di dunia.

Tim Mace dari London akan bekerja sama dengan perusahaan Inggris EC Harris untuk membangun Kingdom Tower di Jeddah.

Kingdom-Tower-Jeddah

Jika usai nanti, bangunan itu akan mencapai ketinggian 1.000 meter, atau tiga kali lebih tinggi dari Shard.

Menara itu juga akan 170 meter lebih tinggi dari bangunan tertinggi dunia saat ini yaitu Burj Khalifa di Dubai.

Pembangunan Kingdom Tower, yang akan menghadap Laut Merah tersebut, diperkirakan menghabiskan dana sekitar £780 juta (Rp 11,5 triliun) dan akan memakan waktu lima tahun.

Gedung itu akan terdiri dari hotel bintang lima, apartemen, ruang kantor dan observatory untuk mengamati benda-benda langit.

Mark Reynolds, direktur utama Mace mengatakan, “Kingdom Tower adalah sebuah proyek yang memiliki kepentingan dan ambisi internasional dan kami sangat senang bisa menjadi bagian dari tim gabungan untuk mewujudkannya.”

Keith Brooks, kepala properti dan infrastruktur sosial di EC Harris mengatakan, “Kingdom Tower adalah bangunan penting yang akan menunjukkan ambisi Arab Saudi pada dunia.”

Jeddah Economic Company, yang menunjuk kedua perusahaan itu, mengatakan menara tersebut adalah visi Pangeran Al-Waleed bin Talal. – bbc/d

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.